You Are Here: Home » Jurnal Dwija Wacana

Jurnal Dwija Wacana

  • Naskah belum pernah dipublikasikan di media cetak lain, ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, diketik dua spasi pada kertas kuarto dengan font arrial-12 program MS Word, jumlah 15-20 halaman, dilengkapi abstrak 100-150 kata, dan dikirim ke alamat redaksi dalam bentuk dua print out dan satu disket/CD.
    • Naskah yang dimuat dijurnal ini meliputi artikel hasil penelitian dan artikel nonpenelitian (artikel pemikiran konseptual serta kajian dan aplikasi teori).
    • Artikel hasil penelitian memuat judul, nama penulis, abstrak, kata-kata kunci, dan isi (Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan Saran dan Daftar Pustaka).
      Judul, ditulis di bagian tengah dengan huruf capital dan diikuti tanda angka 1) untuk catatan kaki tentang status artikel (misalnya: 1) Artikel Pemikiran konseptual).
      Nama Penulis, di tulis secara lengkap dan tanpa gelar dan diikuti tanda angka 2) untuk catatan kaki tentang status penulis (misalnya: 2) Lektor pada program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah FKIP UNS).
      Abstrak, ditulis dalam bahasa inggris untuk artikel berbahasa Indonesia atau bahasa Indonesia untuk artikel berbahasa asing.
      Kata Kunci, ditulis maksimal lima pengertian (descriptor)
      Pendahuluan, meliputi latar belakang, perumusan masalah, tujuan penelitian, dan kajian teori ditulis tanpa subjudul.
      Metode Penelitian.
      Hasil dan Pembahasan
      Kesimpulan dan Saran
      Daftar Pustaka
    • Artikel nonpenelitian (artikel pemikiran konseptual serta kajian dan aplikasi teori) memuat judul, nama penulis, abstrak, kata kunci, dan isi. Ketentuan penulisan judul, Abstrak, dan kata-kata kunci sama dengan butir 3 di atas. Isi meliputi sebagai berikut;
      Pendahuluan, meliputi latar belakang, perumusan masalah, tujuan penelitian (ditulis tanpa subjudul).
      Subjudul, berisi uraian tentang pembahasan tesis atau pembahasan permasalahan yang jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan.
      Kesimpulan dan Saran Daftar Pustaka
    • Naskah diketik dengan memperhaikan kaidah ejaan yang dimuat dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan (Depdikbud, 1987).
    • Daftar Pustaka disajikan mengikuti tata cara seperti contoh berikut dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis. Buku atau tulisan yang dimuat di Daftar Pustaka hanya buku atau tulisan yang dikutip dalam naskah. Contoh teknik penulisannya sebagai berikut:
      Cony R. Semiawan. (2002). Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini (Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Dasar). Jakarta : P.T. Prehalindo.
      Denzin, N.K. (1978) The Research Act in Sociology. London: Butterworth.
      Sarwiji Suwandi. (2001. November) ”Pelaksanaan Pengajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Kurikulum 1994”, dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No. 032 Balit bang Depdiknas, Jakarta, hal. 601-614.
  • Pengiriman naskah disertai dengan alamat, nomor telephone, fax, dan e-mail (bila ada).
    Pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis. Naskah yang tidak dimuat akan dikembalikan, kecuali atas permintaan penulis. Penulis diberi satu nomer lepas dan satu eksemplar jurnal tanda bukti pemuatan.
  • Naskah yang tidak sesuai dengan pedoman di atas tidak dipertimbangkan.

Copyright © 2013 FKIP UNS - All rights reserved

Scroll to top