Sabtu (16/2/2012), FKIP UNS bersama Direktorat Pembinaan SMK dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menjalin kerjasama melaksanakan program pendampingan smk di beberapa sekolah mitra di Indonesia. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi semua pihak terutama bagi sekolah yang masih kekurangan guru.

Program ini berlangsung selama kurang lebih 4 bulan, semenjak penempatan peserta yang dilakukan pada taggal 15 Oktober 2012 yang lalu. Selama program ini berlangsung, diberlakukan pula supervisi untuk memantau keberjalanan kegiatan di sekolah salah satunya adalah supervisi yang dilakukan di Kabupaten Boyolali pada hari sabtu tanggal 16 Februari 2013 oleh Prof. Dr. rer. nat. Sajidan, M.Si. Kegiatan yang berlangsung di SMK Negeri 1 Banyudono Boyolali ini dihadiri oleh seluruh peserta pedampingan dari Kabupaten Boyolali seperti SMK Negeri 1 Banyudono, SMK Negeri 1 Boyolali, SMK Negeri 1 Sawit, SMK Negeri 1 Wonosegoro dan SMK Negeri 1 Kemusu.

Program ini diharapkan masih tetap berjalan eksistensinya sebagai program yang dapat membantu terpenuhinya tenaga pengajar di SMK yang kekurangan guru pada jurusan-jurusan tertentu.