Ribuan peserta mengikuti ujian tulis SBMPTN 2013. SBMPTN sendiri merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersamaan oleh PTN dalam satu sistem terpadu. Ujian tulis SBMPTN akan dilaksanakan selama dua hari yakni pada tanggal 18 dan 19 juni 2013. UNS sebagai panitia lokal 44 Surakarta telah menyiapkan 869 ruang yang tersebar di 20 lokasi dalam kampus UNS, serta 24 lokasi diluar kampus UNS yang digunakan untuk menampung 17.016 orang peserta SBMPTN 2013.

Sebagai perguruan tinggi papan atas di Indonesia, UNS peduli pada mahasiswa yang breprestasi tetapi kurang mampu dengan mengalokasikan kuota peserta untuk beasiswa bidikmisi. Selain itu diperolehnya penghargaan pendidikan inklusi dari kemndikbud beberapa waktu lalu, dimana pendidikan inklusi mampu mengakomodasi semua tingkat atau strata sosial di Indonesia, dibuktikan dengan 2.643 orang dari 17.016 peserta merupakan peserta bidik misi dan terdapat 5 orang peserta berkebutuhan khusus.

Peserta SBMPTN terbagi kedalam 3 kategori sesuai dengan yang dipilih ketika mendaftar, yakni Sains dan Teknologi, Sosial dan Humaniora, serta campuran. Pada hari ini, peserta ujian tulis akan menghadapi dua jenis ujian yakni Tes Potensi Akademik serta tes Kemampuan dasar Umum yang meliputi Matematika, bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.