UNS, semar.tv- Rayon 113 Universitas Sebelas Maret Surakarta menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru tahun 2013. Sebanyak 959 guru mengikuti PLPG tahap 1 ini yang berlangsung selama 10 hari terhitung dari (16/09) sampai (25/09).

Rektor UNS selaku Ketua Rayon 113 Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S. membuka secara langsung pelaksaaan PLPG tahap 1 tahun 2013 di salah satu hotel yang menjadi tempat pelaksanaan PLPG yakni Hotel Kusuma Kartika Sari. Selain itu terdapat  5 hotel lain yang menjadi tempat pelaksanaan PLPG Tahap 1 ini diantaranya Hotel Pramesti, Hotel Grand setiakawan, Hotel Indah Jaya, Hotel Riyadi serta Hotel Amarelo.

Pelaksaan PLPG tahap 1 tahun 2013 ini diikuti oleh peserta yang berasal dari 9 Kab/Kota di Jawa Tengah seperti : Kab. Banjarnegara, Blora, Boyolali, Grobogan, Purbalingga, Sragen, Temanggung, Wonosobo dan Kota Surakarta.

Peserta yang mengikuti PLPG akan mendapatkan materi selama 90 jam Pelajaran termasuk materi informasi mengenai kurikulum 2013. Selama pelaksanaan, peserta diwajibkan berada di hotel selama 10 hari dan nantinya pada hari terakhir akan ditutup dengan pelaksanaan Ujian Tulis.