Dalam rangka penyamaan persepsi dan persiapan sebelum penerjunan mahasiswa PPL  ke sekolah mitra, FKIP UNS selaku LPTK yang menempatkan mahasiswa untuk praktek mengajar di sekolah, mengadakan koordinasi dengan kepala sekolah dari sekolah mitra. Sekolah mitra yang nantinya akan ditempati mahasiswa meliputi kabupaten dan kota yang ada di karesidenan Surakarta, yakni Kota Surakarta, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Karanganyar, dan Kabupaten Boyolali. Adapun Jenjang sekolahnya dari tingkat TK, SD, SMP, SMA, dan SMK.

Dalam kesempatan kali ini, Pembantu dekan I FKIP UNS Prof. Dr. rer. nat. Sajidan, M.Si memberikan arahan kepada sekolah dalam rangka PPL tahun 2013. Selain itu acar ini juga bertujuan untuk menggali masukan dari sekolah-sekolah terhadap penempatan mahasiswa, agar  pelaksanaan PPL nantinya dapat berjalan lebih baik.

Selain dihadiri oleh kepala sekolah dari mitra FKIP UNS, dihadiri pula semua dosen FKIP UNS yang nantinya akan berperan sebagai koordinator dosen pembimbing di masing-masing sekolah. Harapannya dengan diadakannya koordinasi ini akan menyamakan persepsi dari semua pihak terkait keberjalanan PPL FKIP UNS tahun 2013 serta  meminimalisir kesalahan yang akan timbul diakibatkan kurangnya komunikasi yg baik. antar sekolah, mahasiswa, dan unit ppl

Perlu diketahui, PPL merupakan ajang pembelajaran mahasiswa dalam melakukan praktek pengajaran secara nyata di sekolah. Dapat diartikan pula PPL merupakan salah satu unsur penting dalam mendidik guru yang berkualitas, unggul, berkarakter kuat dan cerdas sehingga harapanyya dapat menjadi teladan yang baik bagi siswanya serta mampu berkontribusi mencerdaskan bangsa.