Dalam rangka mengubah mindset mahasiswa baru, jpbs fkip uns menyelenggarakan studium generale membangun generasi pendidikan berkarakter berbasis bahasa yang diperuntukkan bagi mahasiswa baru angkatan 2013. Acara ini diselenggarakan di aula gd.f fkip uns pada selasa 19 nov 2013 diikuti mahasiswa dari 4 prodi di lingkungan JPBS.

Selaku pembicara dalam kesempatan kali ini adalah beliau Dr. Ganjar Harimansyah. M.Hum dari Badan Bahasa Jakarta serta Dr. M. Rohmadi, M.Hum yang merupakan Ketua Jurusan PBS FKIP UNS.

Bagaimana merubah mindset mahasiswa baru dalam mempelajari bahasa sastra dan seni sehingga mahasiswa dapat memperoeh kesuksesan intelektual serta memiliki karakter yang kuat. Menurut Ganjar, Pembelajaran bahasa, sastra dan seni dapat menjembatani kecerdasan otak kiri dan otak kanan manusia. Mahasiswa juga harus meningkatkan kemampuan membaca dan menggiatkan publikasi karya ilmiah agar tidak tertinggal dengan bangsa-bangsa lain. Selain itu beliau jga memaparkan bahwa mahasiswa zaman sekarang harus benar-benar menguasai konsep2 karena generasi sekarang tidak hanya menonjolkan intelektual saja tetapi juga penguasaan konseptualnya.

Di sisi lain, Dr. M. Rohmadi, M.Hum memaparkan tentang bagaimana mengubah mindset calon guru dan dosen sebagai implemntasi kurikulum 2013 dalam pembentukan generasi emas yg berkarakter. Beliau menyampaikan bahwa terdapat 3 kunci sukses calon guru dan dosen yakni, Mengubah mindset diri, memiliki kompetensi dan keterampilan calon guru dan dosen, dan memiliki jiwa kepemimpinan dan keteladanan. Disamping itu beliau juga memaparkan bahwa terdapat 3 kunci sukses manusia yakni Mengenal dirinya, memiliki visi dan tujuan hidup, memiliki komitmen dan keyakinan.

Beliau berdua sepakat terkait dengan mulai diberlakukannya kurikulum 2013, bahwa sebaik apapun kurikulum yang diterapkan dalam pembelajaran, kuncinya adalah pada guru dan dosen sebagai implementator kurikulum.