Dalam rangka memperingati  Hari  Bumi Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 April, mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP UNS yang tergabung dalam HIMAGO ( Himpunan Mahasiswa Geografi ) FKIP UNS melakukan serangkaian kegiatan antara lain : bersih-bersih sekitar FKIP UNS, Sosialisasi Lingkungan, dan Langkah hijau.

Kegiatan “Bersih – bersih di sekitar lingkungan FKIP UNS”  dilaksanakan pada tanggal 1 April 2014. Dengan membawa beberapa trashbag, sejumlah mahasiswa bersama-sama berkeliling disekitar FKIP UNS untuk  memungut sampah yang ada.

Foto 1. Kegiatan bersih – bersih sekitar lingkungan FKIP UNS

Kegiatan “ Sosialisasi Lingkungan “ dilaksanakan di SD Negeri Purworejo No.35 Surakarta. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 April 2014. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah seluruh peserta didik kelas III dan IV. Sosialisasi ini diawali dengan pengenalan lingkungan dengan penayangan video sebagai pendukung visualisasi. Kemudian para peserta juga diberi penjelasan mengenai sampah organik, anorganik, dan recycle atau daur ulang. Agar tidak membosankan, panitia telah mempersiapkan sebuah permainan, yaitu labirin pohon. Sebelum permainan dimulai, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok kecil. Kemudian peserta diajak keluar ruangan dan mengerjakan game tersebut diluar. Tiap kelompok didampingi oleh beberapa panitia yang ada. Setelah selesai mengerjakan labirin pohon, peserta diajak untuk membersihkan lingkungan sekitar sekolah dengan memunguti sampah, baik  sampah organik dan anorganik.

Foto 2. Kegiatan Sosialisasi Lingkungan di SD Negeri  Purworejo No. 35  Surakarta

Kegiatan  ‘Langkah Hijau’ dilaksanakan Minggu, 13 April 2014 di Solo Car Free Day (CFD) Jl. Slamet Riyadi Surakarta. Acara ini juga diramaikan oleh perwakilan BEM FKIP UNS, dan IMAHAGI REGION III sebagai wujud kepedulian mahasiswa dalam menyelamatkan bumi. Kegiatan ini dilakukan dengan  menggelar orasi, membawa poster, dan spanduk berisi ajakan menyelamatkan  bumi. Sejumlah mahasiswa dan pengunjung CFD juga ikut berpartisipasi dalam memunguti sampah di Jalan Slamet Riyadi lokasi CFD. Mereka juga mengajak pengunjung CFD untuk menandatangani spanduk kesepakatan dalam menjaga lingkungan sekitar.

            Kedepannya, semoga semua masyarakat menyadari akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

1 Foto 3. Kegiatan Langkah Hijau di Car Free Day ( CFD ) Jl. Slamet Riyadi Surakarta