Universitas Sebelas Maret mengadakan upacara  pelepasan mahasiswa peserta KKN Tematik Integratif untuk Periode Juli-Agustus 2014 oleh Rektor UNS, Prof. Dr. H. Ravik Karsidi. M.S pada tanggal 10 Juli 2014 jam 07.00 WIB di halaman rektorat.

KKN UNS 2014 ini diikuti sebanyak 2167 peserta dan 131 Dosen Pendamping Lapangan (DPL) yang tersebar di 15 kabupaten yakni Ngawi, Magetan, Pacitan, Demak, Grobogan, Pati, Blora dan Nusa Tenggara Timur (NTT) serta tujuh yang ada di wilayah Solo Raya.

Tujuan Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yaitu : a) Mahasiswa memperoleh pengalaman belajar yang berharga melalui keterlibatan dalam masyarakat yang secara langsung menemukan, merumuskan, memecahkan dan menanggulangi permasalahan pembangunan secara prakmatis dan interdisipliner, b) Untuk menambah wawasan Mahasiswa memotivasi masyarakat dalam membangun Desa, c) Untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang cara-cara dalam bermasyarakat. Adanya Kuliah Kerja Nyata ini agar mahasiswa dapat menjadi generasi yang siap pakai dan sekaligus calon penerus pembangunan utamanya di daerah pedesaan, baik dimasa sekarang maupun dimasa yang akan datang.