UNS, semar.tv – Pertamina bekerja sama dengan UNS mengadakan Event OSN PERTAMINA 2015 dengan tema “Energi Baru dan Terbarukan” yang bertempat di gedung FMIPA UNS dan dilaksanakan serentak se Indonesia pada hari Kamis, 15 Oktober 2015.

Dalam event ini UNS menjadi salah satu mitra dari penyelenggaraan OSN yang mewadahi peserta OSN se regional Soloraya dari 43 mitra se Indonesia. Adapun mitra lainnya yang mewadahi Provinsi se Jawa Tengah dan DIY yaitu dari UNDIP, UNSOED, UII dan UNY.

OSN yang diselenggarakan oleh pertamina terdiri dari 2 kategori yaitu kategori teori dan proyek sains. Untuk kategori teori mahasiswa yang hadir mengikuti tes sebanyak 275 dari 579 mahasiswa yang mendaftar secara Online dan untuk kategori proyek sains ada 6 yang terdaftar.

Panitia pusat dari event ini yang membuat soal dan juga menjadi juri adalah dari UI di Jakarta.

Hasil OSN akan diumumkan untuk setiap regionalnya pada tanggal 21 oktober 2015 dan untuk kategori teori akan diseleksi dan dipilih oleh juri panitia pusat sebanyak 40 mahasiswa terbaik dari Provinsi Jawa Tengah dan DIY untuk dikirim ke Jakarta mewakili Provinsi Jawa Tengah ke babak final tingkat Nasional pada akhir November 2015

Prof. Dr. SUGIYARTO M.Si. Wakil Dekan 3 FMIPA sebagai ketua pelaksana OSN Regional Soloraya berharap dengan adanya kerjasama dalam pelaksaan OSN ini dapat memudahkan dalam memicu motivasi mahasiswa untuk berprestasi, juga dengan kemitraan ini jelas memberikan pengalaman untuk mengorganisasikan suatu event dan membentuk jaringan dengan universitas lain dan pertamina.