UNS — Kabar baik datang dari Prodi Studi (Prodi) S1 Pendidikan Bahasa Jawa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Prodi ini berhasil meraih predikat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Peguruan Tinggi (BAN-PT) dengan SK No. 5653/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2020 tertanggal 16 September 2020.

Kepala Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Bahasa Jawa FKIP UNS, Dr. Djoko Sulaksono, M.Pd. mengatakan, peringkat akreditasi A diraih setelah Prodi Pendidikan Bahasa Jawa menjalani serangkaian proses yang harus diikuti. Asesmen Lapangan (AL) dilaksanakan secara daring pada Kamis – Jumat (10-11/9/2020) oleh 2 asesor yakni Dr. Mulyana, M.Hum. dari Univeristas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Dr. Pujiharto, M.Hum. dari Universitas Gadjah Mada (UGM).

Suksesnya pencapaian akreditasi A merupakan hasil dari upaya berkelanjutan dari Prodi Pendidikan Bahasa Jawa dalam menjalankan sistem penjaminan mutu perguruan tinggi. Upaya berkelanjutan tersebut terwujudkan baik dalam hal akademik maupun non akademik yang terus ditingkatkan oleh seluruh sivitas akademika. Pada akhirnya, hal tersebut membuahkan hasil naiknya status akreditasi B menjadi A. Adanya dukungan yang baik dari lembaga, alumni, mahasiswa, dosen, pengguna, tim Pengembangan Jaminan Mutu Fakultas, dan tim Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UNS turut berperan besar dalam mewujudkan kesuksesan ini.

Dr. Djoko Sulaksono menyatakan rasa syukur atas perolehan predikat akreditasi A, mengingat Prodi Pendidikan Bahasa Jawa masih tergolong muda.
“Keberhasilan Prodi meraih status A merupakan hal yang patut disyukuri mengingat usia Prodi Pendidikan Bahasa Jawa yang masih sangat muda,” terang Dr. Djoko.

Selanjutnya, Dr. Djoko juga menyebutkan bahwa keberhasilan perolehan predikat akreditasi A akan membawa dampak positif bagi banyak pihak.
“Keberhasilan ini tentunya akan membawa dampak positif bagi lembaga, dosen, mahasiswa, dan masyarakat. Selanjutnya, Prodi Pendidikan Bahasa Jawa berkomitmen untuk mempertahankan status akreditasi A yang merupakan bagian dari penjaminan mutu internal dan eksternal,” pungkas Dr. Djoko. Humas UNS

Reporter: Zalfaa Azalia Pursita
Editor: Dwi Hastuti