FKIP – Panitia penyelenggara Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan Orientasi Akademik Mahasiswa PPG dalam Jabatan Angkatan 3 pada Kamis (15/7/2021).

Kegiatan orientasi dilaksanakan melalui aplikasi Zoom Meeting yang diawali dengan pembukaan. Kegiatan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan laporan Kepala Program Studi (Kaprodi) PPG FKIP. Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FKIP UNS, Dr. Mardiyana, M.Si. Kegiatan orientasi akademik ini dihadiri oleh dosen dan mahasiswa PPG dari 12 Program Studi (Prodi). Peserta yang hadir berasal dari 25 provinsi serta 153 kabupaten.

Kegiatan orientasi dilanjutkan dengan penyampaian materi pelaksanaan pendalaman materi PPG oleh Okta Hadi Nur Cahyono, S.Pd., M.Si., M.A. dengan judul “Analisis Materi Ajar Berbasis Masalah”. Materi kedua disampaikan oleh Dr. Sukarno, M.Pd. yaitu mengenai pelaksanaan pengembangan perangkat pembelajaran PPG.

Setelah kedua pembicara tersebut, materi ketiga disampaikan Prof. Dr. Suciati, M.Pd. dengan materi pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan PPG.
“Setelah mengikuti seluruh kegiatan, mahasiswa akan mengikuti uji komprehensif yang menjadi pintu gerbang persyaratan mengikuti PPL,” jelas Prof. Suci.

Materi keempat berisi pengenalan Learning Management System (LMS) UNS. Materi disampaikan oleh Muhammad Faruq Afif.
“Apabila mahasiswa PPG mengalami kesulitan atau kendala selama pelaksanaan kegiatan PPG, maka pihak IT dari panitia PPG siap membantu,” tutur Arifa selaku pemandu acara.

Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab sebanyak dua termin dengan tiga penanya di masing-masing termin. Setelah sesi tanya jawab berakhir, mahasiswa PPG diarahkan untuk mengikuti breakout room sesuai dengan Prodi masing-masing.

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa