FKIP – Budi Utami, M.Pd. selaku Dosen Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjalani Ujian Terbuka Promosi Doktor yang dilaksanakan pada Kamis (29/7/2021) melalui Zoom Cloud Meeting. Ujian terbuka ini diketuai oleh Wakil Dekan Perencanaan, Kerja sama, Bisnis, dan Informasi FKIP UNS, Dr. Djono, M.Pd., selaku ketua dewan penguji dan didampingi oleh Prof. Drs. Suranto, M.Sc., Ph.D. sebagai sekretaris pada kegiatan ini.

Adapun, yang bertindak sebagai penguji yaitu Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed. dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) selaku penguji dari luar UNS. Kemudian, terdapat Prof. Dr. Widha Sunarno, M.Pd. dan Prof. Dr. Suciati, M.Pd. selaku penguji dari UNS. Ujian Terbuka Promosi Doktor ini juga turut dihadiri Prof. Sulistyo Saputro, M.Si., Ph.D. selaku promotor dan Dr. Mohammad Masykuri, M.Si. sebagai ko-promotor II.

Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembukaan oleh ketua dewan penguji, sambutan promotor, dan pengenalan para dewan penguji. Lalu, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan hasil disertasi oleh Budi Utami, M.Pd.

Di hadapan dewan penguji, promotor, dan tamu undangan yang hadir, Budi memaparkan hasil penelitian disertasinya yang berjudul “Pengembangan Model Pembelajaran Investigation Through Cooperative Problem Solving (ITCPS) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Kesetimbangan Kimia”.

Dalam pemaparannya, Budi menjelaskan alasan pemilihan topik ini karena berdasarkan penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa pembelajaran kimia selama ini terdapat kendala yakni kurangnya kesempatan diskusi dalam kelompok dan kurangnya kerja sama dalam tim saat pemecahan masalah.

“Latar belakang topik ini dipilih karena pembelajaran kimia yang berdasarkan penelitian sebelumnya, pembelajaran kimia menemui kendala yaitu kurangnya kesempatan untuk diskusi dalam kelompok dan kerja sama dalam tim dalam memecahkan masalah,” ujar Budi.

Selain itu, ia menerangkan bahwa tujuan penelitian ini untuk menghasilkan metode pembelajaran yang dapat menjawab permasalahan tersebut.

“Oleh karena itu, peneliti mengembangkan model pembelajaran ITCPS dalam pembelajaran kesetimbangan kimia, serta meningkatkan keterampilan abad ke-21, yakni keterampilan berpikir kritis,” jelas Budi.

Di akhir acara, Budi dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan. Ia lulus menjadi Doktor ke-14 dari Prodi S3 Pendidikan IPA dan menjadi Doktor ke-164 yang telah berhasil diluluskan oleh FKIP UNS.

“Dari hasil ujian pada pagi hari ini, Ibu Budi Utami, sebagai promovenda dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan,” ujar Dr. Djono selaku ketua dewan penguji pada kegiatan ini.

Reporter: Akhmad Mukhibun
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/
#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa