FKIP – Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan konferensi internasional bertajuk “The 3rd International Conference on Science, Matematics, Environment, and Education (ICoSMEE)” pada Selasa-Rabu (27-28/7/2021).

Konferensi internasional ICoSMEE ke-3 ini dilaksanakan secara daring melaui aplikasi Zoom Cloud Meeting dengan mengusung tema “Flexibility in Research and Innovation on Science, Mathematics, Environment, and Education for Sustainable Development”. Konferensi ini menghadirkan enam pembicara kunci, empat pembicara undangan, dan 207 pemakalah yang berasal dari empat negara yakni Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Hongaria serta terdapat sepuluh sesi presentasi pararel dalam kegiatan ini.

Kegiatan diawali dengan pembukaan yang meliputi menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, sambutan ketua kegiatan, sambutan Prof. Jamal Wiwoho, M. Hum. selaku Rektor UNS, dan pemutaran video tari tradisional dengan judul tari Yo Dolanan Kukusan.

Dr. Sri Budiawanti, S.Si., M.Si. dalam sambutannya menyampaikan bahwa ICoSMEE 2021 bertujuan menghadirkan pakar-pakar, peneliti terkemuka, dan ahli-ahli yang berasal dari beragam latar belakang pendidikan di bidang sains, matematika, lingkungan, dan pendidikan.

“Konferensi ICoSMEE 2021 bertujuan untuk mempertemukan para sarjana, peneliti terkemuka, dan pakar dari berbagai latar belakang dan bidang aplikasi dalam sains, matematika, lingkungan, dan pendidikan,” tutur Dr. Sri Budiawanti, S.Si., M.Si. selaku ketua kegiatan ICoSMEE 2021 ini dalam bahasa Inggris.

Setelah acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh pembicara kunci. Pembicara kunci pada hari pertama adalah Prof. Gillian Roehrig Ph.D. dari University of Minnesota, Amerika Serikat yang memaparkan materi penerapan dan penilaian Science, Technology, Engineering, and Math (STEM) terpadu dengan fokus berkelanjutan. Presentasi kedua oleh Prof. Shiang Yao-Liu dari National Taiwan Normal University, Taiwan. Ia membahas materi dengan judul “Pengajaran Isu Sosial Ilmiah dan Lingkungan: Dari Argumentasi sampai Pendekatan Permainan yang Serius”. Acara dilanjutkan dengan pemaparan pembicara kunci ketiga yakni Dr. Alison Clark Wilson dari University College London, United Kingdom yang memaparkan pendidikan STEM.

Pada hari kedua, konferensi ini diisi oleh pembicara kunci Assoc. Prof. Rhyoici Otomo, Ph.D. dari Hokkaido University, Jepang yang memaparkan materi berjudul “Katalis Berbahan Oksida Logam dengan Valensi yang Kurang Stabil”. Dilanjutkan dengan pemaparan pembicara kunci kedua, Bagus Putra Muljadi yang berasal The University of Nottingham, United Kingdom. Ia membawakan materi dengan tema “Pemodelan Aliran dan Transportasi dalam Media Berpori”. Presentasi terakhir disajikan oleh Puguh Karyanto, M.Si., Ph.D. dari UNS yang memaparkan materi dengan tema “Pemodelan Konservasi Lembing Langur Presbytis Comate Fredericae di Hutan Terfragmentasi”.

Selain pemaparan oleh pembicara kunci, pada kegiatan ini juga dilakukan presentasi pararel oleh para pemakalah. Makalah yang telah dipresentasikan dan diulas dalam konferensi ini akan dipublikasikan dalam jurnal dan prosiding terindeks Scopus.
Pada kesempatan ini, Prof. Jamal menuturkan, mudah-mudahan hasil penelitian tersebut dapat dimanfaatkan oleh khalayak luas.

“Konferensi ini diharapkan dapat menjadi tempat bertukar ide, berbagi pengalaman, dan gagasan, serta membahas fleksibilitas dalam penelitian dan inovasi pada sains, matematika, lingkungan, dan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Diharapkan bahwa konferensi ini akan mencapai tujuannya dan proses diskusi dapat berjalan dengan baik,” ujar Prof. Jamal.

Reporter: Akhmad Mukhibun
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://www.fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/
#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa