FKIP – Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan Forum Biologi Asyik (FOBIA) dengan tema “Improve Yourself with Great Personal Branding and Make Your Own CV” melalui Zoom Meeting dan siaran langsung Youtube pada Kamis (29/7/2021).

Acara dihadiri oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi dan mahasiswa secara umum di luar Prodi Pendidikan Biologi. Acara dibuka secara resmi oleh Dr. Muzzazinah, M.Si. selaku Kepala Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Biologi UNS. Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa dengan adanya acara ini diharapkan mampu menjadi bekal untuk hari-hari selanjutnya.

“Tema FOBIA tahun 2021 sangat menarik. Kemudian, menghadirkan narasumber yang menarik juga. Semoga hari ini tercapai, kemudian bisa menjadi bekal untuk hari-hari selanjutnya,” paparnya.

Acara menghadirkan pembicara bernama Denius yang merupakan seorang pembuat konten dari Malang, Jawa Timur. Kegiatan dipandu oleh Septiana Riska Safitri. Denius mengatakan bahwa perlunya penjenamaan pribadi dan sasaran dari konten yang dibuat.

“Kalau _personal branding_nya kita sudah dikenal dan sasaran kita sudah tepat, maka kita akan mudah untuk menjemput rezeki kita,” tuturnya.

Denius memberikan tips untuk mengenali renjana pada diri seseorang, yaitu mencintai hal yang dilakukan. Selain itu, apabila masih belum mengetahui renjana yang dimiliki, Denius memberikan gambaran mengenai delapan kecerdasan manusia yang mungkin dapat menjadi patokan untuk menentukan renjana seseorang.

“Manusia dikelompokkan berdasarkan _passion_nya menjadi delapan kecerdasan yaitu kecerdasan visual atau spasial, kecerdasan tubuh-kinestetik, kecerdasan linguistik-verbal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan logis-matematis, kecerdasan musikal, kecerdasan interpersonal, dan kecerdasan naturalistik,” jelasnya.

Selain memberikan materi tentang cara mengenali renjana, Denius juga memberikan tips membuat daftar riwayat hidup, dimulai dari tujuan, desain, konten, hingga cara mengumpulkan ke lembaga yang dituju.

“Tentukan tujuan membuat CV, kemudian dilanjut dengan desain, konten, sampai submit ke perusahaan atau tempat yang dituju,” tutur Denius.

 

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa