FKIP – Pendidikan Seni Rupa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar pameran seni bertajuk “Showback” di Galeri NN Art Space Karanganyar.

Pameran ini dibuka oleh Nanang Yulianto selaku dosen Pendidikan Seni Rupa sekaligus pemilik Galeri NN Art Space pada Kamis (9/9/2021). Pameran berlangsung selama lima hari dari tanggal 10 hingga 14 September 2021. Dengan dibukanya pameran ini, Nanang berharap galerinya dapat menjadi ruang untuk memperkenalkan dan menghidupkan seni rupa di Solo.

“Semoga ke depannya bisa berbuat lebih banyak lagi untuk menghidupkan seni rupa yang selama ini mungkin di Solo masih agak kalah gaungnya,” ucapnya.

Menurut Nanang aktivitas yang berkaitan dengan berkarya baik yang bersifat visual maupun pemikiran-pemikiran seperti pameran, bedah karya, dan diskusi semacam ini mampu menunjukkan wajah seni rupa yang sebenarnya kepada masyarakat.

“Untuk menghadirkan aura-aura kesenian, aura-aura pemikiran dari kita, biar nanti pemikiran itu bisa tersosialisasikan ke publik yang lebih luas,” ungkapnya.

Sumber : Dokumentasi Panitia

Sumber : Dokumentasi Panitia

Pameran showback (baca: sobek) ini merupakan program pameran seni rupa pertama di Solo yang menggunakan bahan dasar denim. Menurut ketua panitia, Raras Melninda pemilihan denim sebagai bahan dasar karya tidak terlepas dari budaya konsumtif masyarakat utamanya anak muda terhadap pakaian berbahan denim sebagai gaya hidup yang kekinian.

“Denim itu kan sekarang banyak yang tidak terpakai seperti yang bekas-bekas atau sobek-sobek gitu, nah kita pakai kembali dengan daur ulang dan upcycle untuk dijadikan sebuah karya,” katanya saat ditemui Tim Humas FKIP UNS.

Pameran yang diikuti oleh 17 peserta dari kalangan dosen dan mahasiswa Pendidikan Seni Rupa ini mengusung tema utama “Solo The Spirit of Java”. Dari tema tersebut telah menghasilkan 22 karya yang dipamerkan berupa icon-icon Kota Solo seperti pasar Gedhe, keraton, motif batik, kuliner, kesenian, budaya, hingga angkringan atau hik. Karya seni denim ini dibuat dengan berbagai teknik seperti jahit, lukis, anyam, dan patchwork.

Penciptaan karya seni dengan menggunakan media yang remeh temeh, sak-sak e, dan terabaikan tak menghalangi peserta dalam berkarya. Tidak hanya media bahkan di kondisi pandemi Covid seperti sekarang bukanlah sebuah halangan, justru memberikan tantangan untuk menemukan banyak hal baru di baliknya.

“Semoga pameran showback ini menjadi mata air di tengah gersangnya pameran di masa pandemi. Pandemi bukanlah musuh, tapi kita harus menjadikan dia sahabat. Kita harus bisa beradaptasi dengan pandemi sehingga kita tidak terhalang untuk berkarya,” ucap Raras.

Selain pameran, diadakan pula workshop lukis masker bersama Recycle Denim dan Talkshow bedah karya dengan dua pembicara yaitu Figur Rahman Fuad, M.A dan Apika Nuraini, S.Sn., M.Sn. yang akan disiarkan secara langsung di akun instagram @NNArt Space.

Reporter : Muhammad Muzaqqi
Editor : Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa