FKIP – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Seni Rupa (PSR) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Gohan Jul’fianto berhasil meraih juara 1 Lomba Kreasi Kebhinekaan Mahasiswa Nasional 2021 pada cabang seni lukis. Perlombaan tersebut diselenggarakan oleh Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta pada tanggal 18 Agustus 2021.

Dengan ketentuan tema “Kebhinekaan”, Gohan mengusung lukisan bertajuk Self Portrait for Diversity. Gohan menjelaskan bahwa lukisan tersebut tersusun atas beberapa elemen di dalamnya, yaitu potret Gohan, tali emas yang digigit, motif batik, dan simbol enam agama di Indonesia.

Adapun, makna dari potret Gohan yang ada dalam lukisan tersebut merepresentasikan peran mahasiswa dalam menjujung nilai toleransi di Indonesia. Sedangkan, tali emas yang ia gigit melambangkan keinginan kuat dirinya untuk memajukan Indonesia.

“Lukisan yang saya usung tersebut menggambarkan keberagaman yang ada di Indonesia. Potret diri saya dalam lukisan tersebut merupakan representasi keikutsertaan saya sebagai mahasiswa dalam menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi dari keberagaman yang ada.Sedangkan, tali emas yang saya gigit dalam lukisan melambangkan keinginan kuat untuk memajukan dan membawa Indonesia menjadi negara majemuk yang makmur dan jaya,” jelas Gohan.

Gohan berharap lukisan tersebut bisa menjadi penyemangat bagi generasi muda, khususnya mahasiswa FKIP untuk ikut serta menjunjung tinggi keberagaman yang ada di Indonesia.

Sebelumnya, Gohan juga berhasil meraih juara 1 Lomba Lukis Dies Natalis UNS 45th Tingkat Nasional Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Ke depan, ia ingin mengasah kemampuannya dengan terus berkarya.

Reporter: Rosantika Utami
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa