FKIP – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta atas nama Jihan Ashilla berhasil meraih Juara 3 dalam Lomba Baca Puisi Tingkat Nasional Pekan Bahasa Sastra (PBS) IX 2021.

PBS IX 2021 sendiri merupakan sebuah acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Himprobsi) FKIP UNS. PBS IX 2021 terdiri atas beberapa rangkaian kegiatan, yaitu Lomba Cipta Puisi Tingkat Asia Tenggara, Lomba Baca Puisi Tingkat Nasional, Lomba Menulis Cerpen Tingkat Nasional, Lokakarya Pekan Bahasa Sastra, dan Webinar Pekan Bahasa Sastra.

Membacakan puisi berjudul Sajak Rajawali karya W.S. Rendra, Jihan berhasil menjadi Juara 3 dalam Lomba Baca Puisi yang diumumkan pada Minggu (10/10/2021) tersebut. Jihan menjelaskan alasan ia memilih untuk membacakan puisi tersebut karena pesan yang tersirat di dalamnya mampu menyadarkan manusia akan eksistensinya sebagai manusia.

“Alasan saya memilih puisi tersebut karena puisi Sajak Rajawali mampu menyadarkan kita akan eksistensi manusia sebagai makhluk Tuhan yang dikaruniai kebebasan dan kemerdekaan. Puisi ini seakan mengajak kita untuk menjadi manusia seperti Burung Rajawali yang semangat dalam memperjuangkan kebebasan dan kebenaran,” jelas Jihan lewat pesan WhatsApp, Selasa (19/10/2021).

Sebelumnya, Jihan berhasil meraih prestasi di beberapa ajang perlombaan. Adapun, prestasi yang berhasil diraih Jihan adalah Juara 1 Pemilihan Duta Bahasa & Sastra Indonesia UNS 2019, Juara 1 Pemilihan Duta Generasi Berencana Kota Surakarta 2020, dan Juara Harapan 2 Pemilihan Duta Generasi Berencana Provinsi Jawa Tengah 2020. Ke depan, Jihan ingin memperbanyak pengalaman dan mengikuti perlombaan bergengsi lainnya.

Reporter: Rosantika Utami
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa