FKIP – Program Studi (Prodi) S-1 Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan Workshop Penjaminan Mutu dan Peningkatan Kualitas Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Sabtu (2/10/2021). Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber, yakni Kepala Program Studi (Kaprodi) Program Internasional Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Dr. Eka Cahya Prima, S.Pd, M.T. dan Kepala Sekolah SMPN 27 Surakarta, Endang Puji Rahayu, M.Pd, selaku sekolah mitra Program Studi Pendidikan IPA FKIP UNS.

Kegiatan dihadiri oleh sekolah mitra MBKM, guru pamong, dan sekolah penerima praktik pengajaran mahasiswa. Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FKIP UNS, Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Pd. Beliau menyampaikan apresiasinya atas kegiatan MBKM yang telah terlaksana di Prodi Pendidikan IPA.

“Kegiatan MBKM atau Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan program yang dilaksanakan pemerintah (Kemdikbudristek) dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan Indonesia. Pelaksanaan MBKM pada tahun ini terasa istimewa, pertama , karena program MBKM semakin beragam. Kedua, karena mitra MBKM tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya,” terang Prof. Slamet.

Prof. Slamet melanjutkan bahwa program MBKM yang tengah berlangsung antara lain magang K3, proyek penelitian, dan program membangun desa, program wirausaha, asistensi mengajar, dan magang kerja atau industri.
Pelaksanaan MBKM ini memperoleh dana hibah dari Universitas Sebelas Maret atau Hibah MBKM. Pengajuan hibah ini dimaksudkan agar mahasiswa terbantu dalam melaksanakan program tersebut.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber, Dr. Eka Cahya Prima, S.Pd. Beliau menyampaikan tentang fokus jangka panjang pelaksanaan kegiatan ini, yakni untuk mempersiapkan prodi dalam pelaksanaan akreditasi internasional.

“Workhop Penjaminan Mutu dan Peningkatan Kualitas Program MBKM selain guna menjamin mutu pelaksanaan MBKM bersama mitra program studi, juga dilaksanakan guna mendukung rencana prodi S-1 Pendidikan IPA untuk mendaftarkan diri di lembaga akreditasi internasional beberapa tahun ke depan,” papar Dr. Eka.

Dr. Eka menitikberatkan pembahasan mengenai persiapan yang harus dilakukan guna meregistrasikan program studi pada lembaga akreditasi internasional, salah satunya dari pemenuhan aspek standar pendididikan tinggi.

Selanjutnya, Endang Puji Rahayu, M.Pd selaku narasumber kedua menjelaskan profil guru yang dibutuhkan sekolah di masa pandemi maupun masa mendatang, kurikulum pendidikan yang perlu disempurnakan, penerapan ide-ide kreatif dari mahasiswa, serta pelaksanaan penelitian dalam praktik mengajar. Kegiatan diakhiri dengan tanya jawab dan foto bersama.

Reporter : Akhmad Mukhibun
Editor : Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa