FKIP – Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan Seminar Nasional Pendidikan Biologi (Sembio) XVII secara daring melalui Zoom Meeting pada Sabtu (9/10/2021).

Kegiatan berlangsung selama dua hari, yaitu tanggal 9-10 Oktober 2021. Tema yang diusung pada seminar kali ini adalah Inovasi dan Adaptasi Pembelajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat di Bidang Biologi dan Pendidikan Biologi pada Era Pandemi. Rangkaian kegiatan berupa pemaparan sesi umum dan sesi paralel. Pada sesi umum, terdapat pemaparan dari beberapa narasumber, sedangkan pada sesi paralel menghadirkan pemakalah yang mempresentasikan penelitiannya.

Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Kemahasiswaan. “Kita semua ditantang untuk bisa melakukan riset, untuk memecahkan persoalan baik dalam sudut pandang biologi, science, pembelajaran, dan masyarakat secara luas,” ujar Prof. Slamet.

Selanjutnya pemaparan oleh narasumber pertama, Dr. Slamet Santosa, M.Si. Pada sesi ini, kegiatan dipandu oleh Dr. Meti Indrowati, M.Si. selaku moderator. Materi yang dibawakan oleh narasumber pertama bertema “Peranan Mikroba Potensial untuk Perbaikan Lingkungan”.

Pada pemaparannya, Slamet menjelaskan upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kualitas tanah pertanian melalui penggunaan pupuk organik, penggunaan pupuk hayati, dan penggunaan insektisida.

Narasumber kedua ialah Adhi Nurcholis M.Sc. Pada sesi ini, diskusi dipandu oleh Dr. Uni Fatmawati, M.Si. selaku moderator. Tema pada sesi kedua ini adalah perbenihan kentang dengan kultur jaringan. Adhi mengawali pemaparan materi dengan menyajikan fakta kondisi pertanian kentang di Wonosobo sebelum ada PB. Adhiguna Laboratory.

Narasumber terakhir pada hari pertama adalah Alfan Pujo Laksono, M.Ds. diskusi pada sesi ini dipandu oleh moderator Candra Adi Prabowo M.Pd. Materi yang dibawakan oleh Alfan adalah pengembangan virtual laboratory untuk mendukung keterampilan proses sains siswa pada era pandemi dengan tajuk “Optimalisasi Pembelajaran Science & Biology dengan Teknologi 3D XR”.

“Dulu, sebelum pandemi banyak sekali penolakan-penolakan dengan berbagai alasan. Tapi setelah pandemi, kita dipaksa hingga akhirnya familiar dengan hal-hal tersebut,” kata Candra.

Setelah masing-masing narasumber menyampaikan materi dan melakukan sesi tanya jawab, kegiatan dilanjutkan dengan presentasi parallel penelitian dengan sistem break out room. Kegiatan ditutup oleh moderator di masing-masing breakout room.

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa