FKIP – Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan webinar internasional secara daring melalui Zoom Cloud Meeting pada Sabtu (20/11/2021).

Webinar internasional ini merupakan salah satu program kerja program studi Pendidikan Geografi FKIP UNS dengan tujuan menambah perspektif dan mendatangkan ide-ide inovasi untuk pengembangan pribadi peserta.

Webinar dibuka secara langsung oleh Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si. selaku Wakil Dekan I bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan. Dalam sambutannya, Prof. Slamet mengungkapkan bahwa webinar ini sejalan dengan visi dan misi UNS untuk menjadi World Class University.

“Sesuai dengan visi dan misi Universitas Sebelas Maret untuk menjadi World Class University, webinar internasional ini dapat menjadi wadah untuk bertukar pengetahuan yang bisa menghasilkan kolaborasi ide dan pengalaman, serta menghasilkan inovasi-inovasi baru,” tutur Prof. Slamet dalam sambutannya.

Webinar ini mengusung tema “Mega-Plantations, Deforestation, and Land Dispossession”. Acara dipandu oleh Dr. Yasin Yusup, S.Si., M.Si dari program studi Pendidikan Geografi. Sementara, terdapat dua narasumber relevan yang dihadirkan, yakni Dr. Janice Ser Huay Lee dari Nanyang Technological University (NTU) dengan materi yang dibawakan mengenai Examining the Industrial Oil Palm Plantations and Deforestations with Google Earth Engine in Indonesia. Janice mengawali pemaparannya dengan menyampaikan mengenai land system science.

“Menginformasikan perubahan penggunaan lahan memerlukan penggunaan atau pengembangan model untuk memahami LULCC (Land Use and Land Cover Change). Pelacakan perubahan penggunaan lahan membutuhkan penggunaan penginderaan jauh dan analisis geospasial. Memahami proses, mekanisme, dan konsekuensi dari perubahan penggunaan lahan memerlukan metode berbasis lapangan untuk pengumpulan data lingkungan dan sosial,” jelas Janice.

Pemaparan dari Janice diakhiri dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Tidak lupa, Janice memberikan kutipan Segen sebagai closing statement.

“Junk food refers to processed foods that are low in essential nutrients, and high in salts, refined carbohydrates and fats,” pungkas Janice.

Narasumber kedua, Dr. rer.nat. Rina Mardiana, S.P., M.Si dari Institut Pertanian Bogor dengan materi yang dibawakan bertajuk Mega-Plantations and Land Dispossession in Indonesia.

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa