FKIP – Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan webinar secara daring pada Minggu (31/10/2021).

Webinar ini merupakan proyek kemanusiaan oleh mahasiswa PG PAUD yang mendapat hibah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UNS tahun 2021. Tema webinar ini yakni “Membangun Kedekatan Ayah dan Anak”. Tujuannya yaitu untuk menurunkan tingkat fatherless di Indonesia yang masuk ke dalam nomor 3 terbanyak di dunia.

Kegiatan ini dilatarbelakangi karena adanya budaya yang melekat kuat di Indonesia yang membuat peran antara laki-laki dan perempuan menjadi tidak seimbang. Peran orang tua di Indonesia masih didominasi oleh perempuan. Padahal, peran ayah sangat penting untuk membentuk moral anak.

Webinar dibuka secara langsung oleh Novita Eka Nurjanah, M.Pd. selaku dosen pembimbing lapangan. Dalam sambutannya, Novita menyampaikan tujuan webinar ini.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan ilmu dan pengetahuan mengenai parenting kepada masyarakat umum khususnya kepada ayah dan calon ayah. Kedua, menyosialisasikan cara membangun kedekatan ayah dengan anak. Ketiga, menurunkan tingkat fatherless di Indonesia. Terakhir, meningkatkan kualitas pengasuhan pada anak,” jelas Novita.

Dr. Anayanti Rahmawati, S.Psi., M.A., Psikolog selaku narasumber pertama sekaligus Kepala Program Studi PG PAUD FKIP UNS memaparkan materi mengenai pentingnya ayah bagi anak perempuan, bagaimana ayah harus melakukan pengasuhan jika terjadi perpisahan, dan bagaimana pengasuhan jika long distance marriage dengan anak.

“Parenting terjadi sejak anak masih berada dalam kandungan hingga ia dewasa. Parenting tidak akan pernah berhenti. Idealnya parenting ada ayah dan ada ibu. Tidak akan berjalan dengan baik jika tidak ada kerja sama antara ayah dan ibu,” jelas Anayanti.

Anayanti juga menjelaskan penyebab ayah jauh dengan anak, yakni karena long distance marriage, perceraian, dan meninggal. Kemudian, Anayanti memberikan tips mendekatkan ayah yang jauh, yakni dengan doa, menjalin komunikasi intens, sering diberi cerita tentang ayah, selalu meminta izin ayah, dan ayah menjadi teladan.

Vera Sholeha, S.Pd., M.Pd. selaku narasumber kedua menyampaikan materi mengenai pentingnya membangun kedekatan antara ayah dengan anak, manfaat kedekatan ayah dengan anak, dan tips membangun kedekatan dengan ayah.

“Step menjadi ayah yang hebat, yang pertama adalah sadar peran. Kemudian komitmen baru dengan pasangan, hargai pasangan atau ibu dari anak-anak, sisihkan waktu untuk keluarga, terlibat dalam urusan keluarga, dan mengikuti group support,” papar Vera.

Kegiatan webinar diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi.

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa