FKIP – Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Program Studi (Prodi) Pendidikan Luar Biasa (PLB) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar talkshow bertajuk Temu Alumni PLB pada Selasa (10/5/2022). Bertemakan “Talkshow IKA PLB UNS: Bergerak, Berdaya, dan Berkarya Untuk Bangsa”, acara ini digelar secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Acara dibuka dengan penyerahan dana pendidikan secara simbolis dari IKA PLB FKIP UNS yang diwakilkan oleh Dr. Sujarwanto, M.Pd. selaku Ketua IKA PLB FKIP UNS kepada Perwakilan Mahasiswa Berprestasi PLB FKIP UNS, Abidatun Nisa. Kemudian, acara dilanjutkan dengan sambutan Dekan FKIP UNS.

Dalam sambutannya, Dr. Mardiyana, M.Si. selaku Dekan FKIP UNS menyampaikan bahwa perkembangan sebuah institusi, khususnya di bidang pendidikan, memerlukan kerja sama dengan alumni. Menurutnya, kualitas institusi memiliki hubungan lurus dengan kualitas alumninya.

“Kerja sama antara sebuah institusi pendidikan dengan alumninya merupakan hal yang sangat dibutuhkan. Kerja sama ini juga merupakan hal yang sangat menguntungkan. Ketika institusi mengalami kemajuan yang pesat, maka alumninya akan terbawa. Misalnya, ketika mencari pekerjaan akan dilihat universitasnya dari mana di samping kemampuan yang dimilikinya. Dalam masyarakat apabila universitasnya berkualitas, biasanya alumninya juga dipandang berkualitas,” terang Dr. Mardiyana.

Dimoderatori oleh Dra. Endah Dwi Hastuti, M.Pd. selaku Kepala Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Boyolali, acara ini menghadirkan 3 pembicara yang merupakan alumnus Prodi PLB FKIP UNS. Acara digelar dalam bentuk gelar wicara, yaitu pembicara memberikan tanggapan atas pertanyaan yang disiapkan oleh panitia maupun peserta dengan dipandu oleh moderator.

Pembicara pertama adalah Amanah, S.Pd., M.Pd. Ia merupakan Guru SLBN 12 Jakarta. Pembicara kedua adalah Rully Anjar Arifianto, S.Pd. selaku Juru Bahasa Isyarat (JBI) Pusat Layanan JBI Jakarta. Adapun, pembicara terakhir dalam acara ini adalah Yayan Nirwana Arif, S.Pd. yang merupakan Wirausahawan Clay dan Guru Handycraft SLBN Semarang.

Dalam kesempatan tersebut, ketiga pembicara membagikan ceritanya selama menempuh pendidikan di PLB FKIP UNS. Mereka juga menjelaskan bagaimana iklim pembelajaran di PLB FKIP UNS yang berhasil membentuk karakter dan memberikan bekal untuk perjalanan karir mereka. Kemudian, mereka juga membagikan pengalaman dalam mencari pekerjaan hingga merintis karir mereka saat ini.

Sesi gelar wicara diakhiri dengan penyampaian tips dan trik berwirausaha kepada peserta talkshow yang disampaikan oleh Yayan Nirwana Arif, S.Pd. Ia berpesan untuk tidak mudah menyerah ketika menemui suatu kegagalan dalam berwirausaha.

“Untuk memulai sebuah usaha dapat dilakukan dengan menentukan kesukaan kita itu di bidang apa. Apabila kesukaan kita memang membutuhkan modal yang banyak, kita bisa memilih opsi sebagai reseller. Dari situ kita dapat menyisihkan keuntungan untuk modal usaha sendiri dan melakukan riset untuk mementukan pangsa pasar. Ketika mencoba usaha pada satu produk itu gagal, jangan langsung menyerah. Karena ada kemungkinan ketika kita mencoba usaha lain bisa berhasil,” pungkas Yayan.

Acara ditutup dengan sesi ramah tamah yang dipimpin oleh Dr. Subagya, M.Si. selaku Kepala Program Studi (Kaprodi) PLB FKIP UNS.

HUMAS FKIP

Reporter: Rosantika Utami
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#unsbisa