FKIP – Kelompok Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung pada K-TEAM: Tim Kewirausahaan Kombucha berhasil meraih prestasi kategori Program Wirausaha Terbaik. Prestasi ini diumumkan melalui kanal youtube Pusat Prestasi FKIP UNS pada Senin (2/5/2022).

Kelompok ini beranggotakan Zamzami Nursalsabila (Pendidikan IPA), Arinta Sekar Raihana (Pendidikan IPA), Annas Khoirum Ummah (Pendidikan IPA), Kika Ladinma Chojo (Pendidikan IPA), Aisyah Nurul Izzah (Pendidikan Ekonomi), dan Ayu Kurnia Saputri (Pendidikan Ekonomi).

Mereka mengusung produk Ecofit-K: Inovasi Teh Fermentasi Dengan Berbagai Varian Rasa (Original, Apel, dan Leci). Dalam hal ini, fermentasi teh dilakukan menggunakan simbiosis mutualisme antara ragi dan bakteri yang dinamakan SCOBY.

Ditemui tim fkip.uns.ac.id, Zamzami atau kerap disapa Zami mengungkapkan kesan memperoleh prestasi wirausaha terbaik.

“Alhamdulillah senang dan tidak menyangka video kami dapat kategori tersebut, karena menurut kami masih ada kekurangan pada video. Kami juga berterima kasih kepada pihak yang telah memberikan kategori tersebut kepada kami,” kata Zami pada Senin (16/5/2022).

Lebih lanjut, Zami menyampaikan jika alasan yang mendasari ia dan tim mengikuti kompetisi ini yakni berawal dari motivasi Kaprodi Pendidikan IPA, Dr. paed. Nurma Yunita Indriyanti, M.Si., MSc.

“Alasan mengikuti lomba adalah dorongan dari Kaprodi Pendidikan IPA, Ibu Nurma dan dukungan dari dosen pembimbing yaitu Ibu Februani Sarwendah. Kami melakukan pengumpulan bahan dari dokumentasi program yang kami laksanakan pada tahun 2021 dan take video pada saat produk mengikuti Pameran di Solo Technopark dalam rangka Dies Natalis UNS,” papar Zami.

Di akhir, Zami menyampaikan mengenai harapan atas pencapaian yang telah diraih.

“Harapannya semoga produk kami ini ada yang melanjutkan produksinya secara keberlanjutan,” pungkas Zami.

Tidak lupa, Zami menyampaikan ajakan untuk tidak takut mencoba segala sesuatu.

“Ketika kita mencoba, tidak pernah ada yang salah baik itu berhasil maupun gagal. Semua percobaan adalah bagian dari proses, sedangkan keberhasilan adalah bagaimana kita menyikapi hasilnya,” tutur Zami.

HUMAS FKIP

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#unsbisa