FKIP – Internasional Office (IO) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Program Southeast Asian Technical and Vocational Education and Training (SEA-TVET) Exchange Programme Batch 1 2022 pada Selasa (17/5/2022) secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Kegiatan bimtek tersebut diikuti mahasiswa dari 4 Program Studi (Prodi) di FKIP UNS. Keempat prodi tersebut adalah Prodi Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK), Pendidikan Teknik Mesin (PTM), dan Pendidikan Teknik Bangunan (PTB).

SEA-TVET Exchange Programme Batch 1 2022 merupakan program pertukaran pelajar bidang vokasi di lingkup Asia Tenggara (ASEAN) yang diprakarsai oleh Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO). Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberi kesempatan mahasiswa dalam meningkatkan kompetensi pada bidangnya dan meningkatkan wawasan internasional mahasiswa sebagai bagian dari global citizen pada era globalisasi ini.

Dalam sambutan dan arahannya, Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FKIP UNS menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah salah satu cara mewujudkan FKIP UNS sebagai fakultas bertaraf internasional.

“Kegiatan merupakan salah satu jawaban untuk membawa kita sebagai 1 fakultas berlevel internasional. Kami harapkan, ke depan kita dapat memperluas kerja sama dan menjalin kemitraan dengan berbagai pihak agar relasi semakin luas. Tidak hanya dalam kegiatan kolaborasi visiting profesor atau kolaborasi riset dan artikel ilmiah, tetapi kegiatan-kegiatan student exchange dan sejenisnya juga,” ungkap Prof. Slamet.

Kemudian, agenda dilanjutkan dengan penyampaian laporan perkembangan SEA-TVET oleh Ketua IO FKIP UNS, Murni Ramli, Ed.D. Setelah penyampaian laporan, agenda selanjutnya adalah penyampaian teknis SEA-TVET Exchange Programme Batch 1 2022 oleh Towip, S.Pd., M.T. Ia merupakan Tim IO FKIP UNS.

Dalam pemaparannya, Ia menjelaskan rangkaian dan lini masa SEA-TVET Exchange Programme 2022. Lebih lanjut ia juga menjelaskan tanggung jawab peserta, sistem rekognisi SKS, hingga capaian dari SEA-TVET Exchange Programme 2022. Kemudian, ia menutup sesi pemaparannya dengan menjelaskan teknis penggunaan platform LinkrEducation.

“SEA-TVET Exchange Programme 2022 akan dilaksanakan secara daring. Dalam batch 1 ini kita akan bekerja sama dengan 3 mitra, yaitu NEUST Sumacab Campus Filipina, Politeknik Sultan Azlan Shah Malaysia, dan Politeknik Sultan Abdul Halim Mu’adzam Shah Malaysia. Ketiga mitra ini akan memulai program di waktu yang berbeda dengan pertimbangan kondisi dari mitra tersebut,” jelas Towip.

Usai pemaparan teknis tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan ditutup dengan foto bersama.

HUMAS FKIP
Reporter: Rosantika Utami
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#unsbisa