FKIP – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dinobatkan sebagai juara 3 putri pada ajang Pemilihan Duta Kampus UNS tahun 2022. Penobatan ini dilaksanakan pada Jumat (3/6/2022) secara hybrid, yakni luring di Gedung Ki Hadjar Dewantara, UNS Tower dan daring melalui siaran langsung pada kanal Youtube Universitas Sebelas Maret.

Mahasiswa tersebut adalah Fa’ari Salsabiila dari Prodi Pendidikan Kimia angkatan 2020. Ia telah mengikuti serangkaian proses Seleksi Pemilihan Duta Kampus yang diselenggarakan sejak bulan April 2022.

Fa’ari mengaku bahwa prestasi tersebut ia anggap sebagai amanah baru yang akan diemban.

“Tentu senang, tetapi dari saya pribadi memandang hal ini sebagai amanah baru yang diemban, amanah dengan tanggung jawab besar, dan berusaha untuk menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya,” ungkap Fa’ari ketika diwawancarai oleh tim fkip.uns.ac.id pada Selasa (14/6/2022).

Fa’ari juga menjelaskan salah satu gagasan yang diusung yakni diskusi terbuka dan transparan antara mahasiswa dengan pihak birokrasi kampus.

“Salah satu gagasan yang saya usung di Pemilihan Duta Kampus yaitu ingin terselenggaranya diskusi yang terbuka, yang transparan, antara pemegang birokrasi di kampus dan mahasiswa,” jelas Fa’ari.

Ia mengatakan bahwa gagasan tersebut dilatarbelakangi oleh peristiwa di lingkungan kampus yang menurutnya mungkin terjadi karena adanya miskonsepsi.

“Latar belakang saya mengusung gagasan ini karena melihat beberapa bulan terakhir sering terjadi demo di kampus sendiri yang mungkin terjadi karena adanya miskonsepsi terkait suatu kebijakan yang dibuat, ketidakpercayaan pada pihak kampus, dan lain-lain,” kata Fa’ari.

Fa’ari yakin bahwa setiap langkah yang diputuskan sudah dipertimbangkan secara baik-baik. Oleh karena itu, Fa’ari mengusung gagasan ini sebagai solusi dari permasalahan tersebut.

“Saya percaya bahwa setiap langkah ataupun kebijakan yang dibuat tentu dengan pertimbangan yang matang. Oleh karena itu, perlu adanya transparansi, keterbukaan, antara pihak kampus dan mahasiswa,” tutur Fa’ari.

Di akhir, Fa’ari menyampaikan kontribusi yang akan ia sumbangkan setelah dinobatkan sebagai juara 3 putri.

“Dengan menjadi duta, secara tidak langsung akan diperhatikan, sehingga saya berusaha menjadi role model yang baik dan berusaha untuk terus mengembangkan diri. Sebagai duta saya juga mendukung kegiatan kampus baik itu green campus, mendukung UNS menuju WCU, dan lain-lain. Selain itu, di duta kampus akan merealisasikan program kerja yang sudah direncanakan dengan duta kampus yang lain,” pungkas Fa’ari.

HUMAS FKIP

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus