FKIP – Pusat Prestasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Keluarga Mahasiswa Berprestasi (Kamapres) FKIP UNS gelar kelas prestasi ketiga bertajuk “Strategi Memaksimalkan Capaian Prestasi dan Menjadi Mawapres Terbaik” pada Sabtu (18/06/2022) melalui Zoom Meeting.

Kegiatan ini menghadirkan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) 3 UNS 2022, yakni Iksan Riva Nanda. Iksan Riva Nanda merupakan mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNS yang pernah meraih Medali Emas PIMNAS XXXIV Kemdikbud 2021 dan juga menjadi Mahasiswa Berprestasi 1 FKIP UNS.

Iksan memulai penjelasan dengan menjelaskan alasan penting menjadi seorang Mawapres, yakni menjadi manifestasi dari kondisi eksistensi kita, menjadi urgensi seorang mahasiswa, dan menjadi legacy.

“Alasan penting menjadi Mawapres bagi saya ada tiga, yakni menjadi manifestasi dan perwujudan kondisi diri sendiri. Kedua, menjadi urgensi seorang mahasiswa, dan legacy/warisan,” jelas Iksan.

Iksan melanjutkan dengan menjelaskan penilaian-penilaian dalam capaian unggulan Pilmapres.

“Capaian unggulan dalam Pilmapres meliputi tujuh bidang, yakni kompetisi, pengakuan, penghargaan, karier organisasi, hasil karya, pemberdayaan atau aksi kemanusiaan, dan kewirausahaan,” jelas Iksan.

Bidang-bidang tersebut memiliki beberapa kategori internasional, regional, nasional, provinsi, dan perguruan tinggi. Bidang tersebut memiliki penilaian yang berbeda-beda.

Iksan melanjutkan dengan memaparkan strategi untuk mencapai prestasi maksimal, yakni melihat celah, tafakur, sadar, terinspirasi, mental, dan tekad.

“Ada beberapa strategi untuk dapat mencapai prestasi yang maksimal, yakni pintar melihat celah, tafakur atau melakukan renungan, sadar dengan potensi yang dimiliki, terinsiprasi atau punya alasan, mental, dan harus memiliki tekad yang gigih,” lanjut Iksan.

Iksan juga mejelaskan bahwa untuk mencapai atau mengikuti pilmapres harus dipersiapkan dengan matang.

“Untuk mengikuti pilmapres, teman-teman dapat mulai mepersiapkan diri sedini mungkin. Hal ini dapat dilakukan ketika berada di semester dua atau empat. Hal yang bisa disiapkan meliputi capaian unggulan (portofolio), gagasan kreatif, dan kemampuan bahasa asing,” pungkas Iksan.

Kegiatan diakhiri dengan tanya jawab, diskusi, dan foto bersama.

HUMAS FKIP

Reporter: Akhmad Mukhibun
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus