FKIP – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meraih prestasi juara II Lomba Poster Ramadan di Fakultas Pertanian UGM 2022.

Lomba tersebut diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian Universitas Gajah Mada dengan mengusung tema “Mendidik Generasi Muslim di Era Digital”.

Pada kompetisi tersebut, Nuri Puji Hastuti mahasiswi Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mengusung gagasan cara mengajak milenial supaya memiliki akhlakul karimah. Hal ini disampaikan oleh Nuri ketika diwawancarai oleh tim fkip.uns.ac.id.

“Secara garis besar, poster fokus pada bagaimana cara mengajak milenial supaya memiliki akhlakul karimah. Pada poster tersebut dijelaskan alasan dan tata cara memiliki akhlakul karimah yang sesuai dengan karakteristik milenial,” jelas Nuri pada Kamis (28/7/2022).

Alasan yang disampaikan oleh Nuri yaitu mengacu pada HR Tirmidzi yang menjelaskan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, “Mukmin yang paling sempurna adalah yang paling bagus akhlaknya.”

Sementara tata cara yang dijelaskan adalah dengan menegakkan ketauhidan dan bersikap baik kepada semua manusia (rahmatan lil alamiin). Hal tersebut memanfaatkan media digital sebagai basis guna menyesuaikan minat generasi milenial.

Dari gagasan yang diusung, Nuri memaparkan latar belakang ia mengusung gagasan tersebut.

“Gagasan dilatarbelakangi pada kekhawatiran atas generasi muda yang rawan kehilangan nilai-nilai karakter di era digital. Dampak yang paling terlihat ketika hal itu terjadi ialah mereka akan kehilangan jati diri dan mudah terombang-ambing oleh perkembangan zaman. Oleh karenanya, muncul gagasan berupa penanaman nilai-nilai karakter dalam bentuk akhlakul karimah dengan berbasis media digital seperti yang sudah dipaparkan,” jelas Nuri.

Berikutnya, Nuri menceritakan kesan yang diperoleh selama mengikuti kompetisi ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat dan perlu dicontoh.

“Kegiatan Ramadan di Fakultas Pertanian (RDFPN) UGM sangat bermanfaat dan perlu dicontoh. Bagi mahasiswa, kegiatan ini bisa menjadi wadah mengembangkan bakat dan minat. Lebih dari itu, RDFPN bisa menjadi sarana berdakwah bagi mahasiswa utamanya di ranah digital. Oleh karenanya bisa dikatakan perlu dilaksanakan secara rutin dan dicontoh oleh organisasi kemahasiswaan lainnya,” kata Nuri.

Di akhir, Nuri menyampaikan pesan untuk terus semangat berjuang dan meluruskan niat.

“Bagi teman-teman terus semangat berjuang. Ada banyak kegagalan yang saya alami sebelum dan sesudah memenangkan lomba ini, mungkin kalian pun demikian. Tetap semangat, luruskan niat untuk melakukan segala sesuatu lillaahita’ala,” pungkas Nuri.

HUMAS FKIP

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#unsbisa