FKIP – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin (HMP Kompresi) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar pelatihan Corel Draw yang bertema “Develop Creativity with Graphic Design”. Pelatihan ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting pada Sabtu (18/6/2022).

Dalam sambutannya, Adnan Fatchurrachman selaku ketua panitia mengatakan bahwa pelatihan Corel Draw ini merupakan salah satu acara yang diselenggarakan HMP Kompresi UNS yang bertujuan untuk memberikan dasar-dasar dalam belajar komputer desain bagi pengurus HMP Kompresi dan masyarakat umum untuk mengenal Corel Draw.

“Pada akhirnya kita akan diajak untuk mengenal dan memahami apa saja yang terdapat dalam software Corel Draw, sehingga kita dapat meningkatkan kemampuan dalam mengoperasikannya dan juga secara tidak langsung dapat meningkatkan kreativitas terkait dengan desain grafis melalui software Corel Draw,” katanya.

Pelatihan ini menghadirkan Zharfa Hafizhotul Qonita sebagai pembicara yang dipandu oleh seorang pembawa acara, Aditya Putut Ciptadi dan Siti Fadhilah. Dalam pemaparannya, Zharfa mengatakan bahwa desain grafis atau rancang grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tipografi, fotografi, serta ilustrasi yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan.

“Kalau temen-temen mendengar kata desain grafis yang pertama kali harus diterjemahkan adalah tentang pesan, karena desain grafis itu sebenarnya perantara seperti misalnya Gojek nih, Gojek itu kan perantara antara customer sama yang membuat produksinya, desain grafis itu juga sama, ketika kita membuat sebuah desain kita itu perantara untuk menyampaikan pesan,” kata Zharfa.

Selanjutnya Zharfa menjelaskan mengenai elemen yang menunjang dalam desain, yaitu titik, garis, bidang, ilustrasi, tipografi, warna, gelap terang, tekstur, dan ruang. Ia juga menjelaskan delapan pola yang sering dipakai oleh seorang desain grafis, yaitu unity, balance, proportion, emphasis, rhythm, simplicity, space, dan clarity.

Zharfa mengistilahkan dalam membuat desain yang paling penting adalah tentang masalah waktu atau witing tresna jalaran saka kulino, artinya mencintai desain perlu dilakukan berulang-ulang sampai menjadi karakter yang melekat dalam diri.

“Jadi membuat desain itu sebenarnya tentang masalah waktu sih temen-temen, jadi kita selesai membuat desain pasti kita akan merasakan itu bener nggak sih, itu sepertinya kurang deh, kurang nyala, kurang tebal, atau kurang gede. Nah itu masalah waktu, jadi memang witing tresna jalaran saka kulino ya biasanya, kita akan cinta ketika kita itu selalu mengulang-ulang apa yang sedang kita lakukan, nah kayak desain grafis, selama kita selalu mengulang-ulang, selama kita selalu membuat itu pasti akan menjadi karakter kita dan itu akan menjadi hal yang paling kita sukai gitu,” ucap COO CivilArch Company tersebut.

Sebelum dilanjutkan dengan demonstrasi penggunaan aplikasi corel draw dengan membuat desain poster, Zharfa menjelaskan tools yang ada dalam corel draw. Adapun tools tersebut yaitu pick tools, shape tools, smooth tools, smear tools, swirl tools, attract and repel tools, smudge tools, roughen tools, crop tools, zoom tools, freehand tools, artistic media tools, rectangle tools, ellips tools, polygon tools, text tools, table tools, parallel dimension tools, connector tools, shadow tools, transparency tools, color eyedrop tools, interactive fill tools, dan outline tools.

HUMAS FKIP

Reporter: Muhammad Muzaqqi
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#unsbisa