FKIP – Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar lokakarya dengan tema “Implementasi TPACK dalam Pembelajaran PAUD”. Acara ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting dan kanal Youtube PG-PAUD FKIP UNS pada Minggu (24/6/2022).

Acara yang dimoderatori oleh Nurul Shofiatin Zuhro, S.Pd., M.Pd. ini menghadirkan dua pembicara yaitu Dr. Pujiriyanto, M.Pd. selaku Dosen Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Dr. Nita Priyanti, M.Pd. selaku Kepala Program Studi (Kaprodi) Magister PG PAUD Universitas Panca Sakti Bekasi sebagai narasumber.

Dr. Pujiriyanto, sebagai narasumber pertama memaparkan mengenai konsep Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam pembelajaran abad ke-21 yang terdiri dari pemahaman menganalisis fenomena dan karakteristik pembelajaran abad ke-21, menganalisis karakteristik peserta didik abad ke-21, menganalisis penyesuaian peran guru dalam pembelajaran abad ke-21, dan memperkirakan gambaran penerapan TPACK sebagai kerangka integrasi teknologi dalam pembelajaran abad ke-21.

“Di dalam menyambut pembelajaran abad 21 yang pertama Bapak Ibu tentu kita harus memahami dulu terkait dengan konteks di mana kita sekarang berada, di mana kita sekarang beraktivitas, dan tantangan ke depan, sehingga yang pertama kita akan mencoba untuk mengurai dan menganalisis fenomena dan karakteristik pembelajaran abad 21. Kemudian yang kedua kita akan menganalisis karakteristik peserta didik, terutama anak-anak di zaman sekarang yang disebut dengan generasi mungkin yang akan difasilitasi Bapak dan Ibu sekalian adalah generasi alfa yang mereka sudah lekat dengan perangkat ICT, sehingga kita perlu memahami karakteristik daripada anak usia dini, karena karakteristik itu menjadi landasan utama di dalam kita melakukan manipulasi pembelajaran,” terangnya.

Kemudian Dr. Pujiriyanto juga mengatakan bahwa guru harus mampu menyesuaikan perannya dalam pembelajaran, yakni dalam hal-hal yang dapat berkembang, seperti pedagogik, teknologi, dan konten materi pembelajaran. Selanjutnya memperkirakan gambaran penerapan TPACK sebagai kerangka integrasi teknologi dalam pembelajaran untuk dilakukan rekonseptualisasi.

“Nah yang berikutnya kita akan mencoba untuk menganalisis penyesuaian peran guru, jadi guru itu harus berubah, harus menyesuaikan peran-peran baru di dalam pembelajaran abad 21. Nah ini tantangan tersendiri, karena dalam penyesuaian peran ini Bapak dan Ibu Guru dituntut nanti menyesuaikan atau mengikuti atau aktif kompetensinya baik berkaitan dengan pedagogik, teknologi, konten materi pembelajaran. Kemudian yang terakhir adalah memperkirakan gambaran penerapan TPACK sebagai kerangka integrasi, jadi TPACK ini perlu dipahami ini adalah suatu framework atau kerangka, sehingga di dalam implementasinya perlu kami harapkan nanti bisa dilakukan rekonseptualisasi lagi,” lanjutnya.

Sedangkan Dr. Nita Priyanti sebagai narasumber kedua memaparkan mengenai implementasi TPACK dalam pembelajaran di PAUD, yang mana hal ini sangat penting bagi guru sehingga mampu mengintegrasikan proses mengajar dengan seluruh aspek pembelajaran.

“Guru yang mampu mengintegrasikan bagaimana proses mengajar dapat berjalan dengan baik, mengetahui konten yang akan diajarkan dan bagaimana menggunakan teknologi sebagai alat untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sudah direncanakan, sehingga nanti proses pembelajaran terintegrasi antara seluruh aspek,” paparnya.

Menurut Dr. Nita Priyanti ini hal yang penting dalam pembelajaran karena TPACK adalah sebuah teori yang dikembangkan untuk menjelaskan tentang seperangkat pengetahuan yang dibutuhkan guru untuk mengajar secara efektif dengan menggunakan teknologi. Teori tersebut memberikan sebuah framework baru untuk mengintegrasikan teknologi dalam pendidikan guna memberikan pengalaman belajar terbaik kepada siswa.


HUMAS FKIP

Reporter: Muhammad Muzaqqi
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#unsbisa