FKIP – Program Studi (Prodi) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar workshop pembelajaran inovatif secara hybrid melalui zoom meeting dan secara luring di UNS Inn pada Jumat (12/8/2022).

Workshop pembelajaran inovatif merupakan kegiatan yang diselenggarkan oleh Prodi Pendidikan IPA sebagai sarana untuk meningkatkan pembelajaran yang inovatif dan menarik.

Pada kesempatan tersebut, Bayu Antrakusuma, S.Pd., M.Pd., selaku ketua panitia menyampaikan laporan mengenai workshop ini.

“Workshop pembelajaran inovatif ini kami laksanakan atas dasar keinginan kita untuk meningkatkan sumber daya manusia program studi Pendidikan IPA FKIP UNS dalam hal literasi komputer yang digunakan dalam pembelajaran era Industri 4.0,” papar Bayu.

Kegiatan workshop dibuka oleh Dr. paed. Nurma Yunita Indriyanti, M.Si., M.Sc., selaku Kepala Program Studi Pendidikan IPA.

“Penguatan untuk literasi komputer, literasi media pembelajaran itu perlu kita tingkatkan supaya pada saat membuat produk tidak hanya tahh secara teori pendidikan saja, tapi teknisnya juga. Jadi, kita ingin membuat ciri khusus program studi Pendidikan IPA UNS kuatnya ada di mana,” kata Dr. paed. Nurma.

Workshop ini menghadirkan Dr. Wandah Wibawanto, M.Ds. sebagai narasumber. Dalam pemaparannya, Dr. Wandah menyampaikan materi bertajuk “Pengembangan Media Edukasi ‘Pembelajaran IPA Inovatif’”.

“Konsep dasar pengembangan apliksi edukasi adalah multidisiplin atau lintas disiplin ilmu,” jelas Dr. Wandah.

Dr. Wandah memaparkan materi mengenai pemanfaatan Adobe Animate sebagai media pembelajaran.

“Adobe Animate yang akan kita pelajari itu mampu digunakan untuk macam-macam apabila kita sanggup. Kita bisa membawa ke Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), dan laboratorium virtual,” jelasnya.

Dr. Wandah menjelaskan bahwa adanya media tersebut dapat menguntungkan mahasiswa, yakni mahasiswa dapat mencoba tanpa takut salah atau menimbulkan dampak buruk dan dapat mengetahui lebih detail objek yang diteliti.

Selain itu, Adobe Animate dianggap memiliki keunggulan apabila digunakan sebagai aplikasi untuk membuat media pembelajaran, yaitu multiplatform dan fleksibel.

Berikutnya, Dr. Wandah menyampaikan aplikasi yang dapat digunakan sebagai laboratorium virtual, meliputi Algodoo, Phet, dan Myphysicslab.

Dr. Wandah juga melakukan simulasi menggunakan Adobe Animate bersama peserta. Dalam simulasi tersebut, Dr. Wandah menjelaskan secara rinci masing-masing menu dan cara mengoperasikannya.

Pemaparan diakhiri dengan sesi tanya jawab dan dokumentasi.

HUMAS FKIP

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#unsbisa