FKIP– Unit Penjaminan Mutu (UPM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan kegiatan Bedah Instrumen Akreditasi Program Studi Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) yang bertempat di Aula Gedung G Pascasarjana FKIP UNS pada Kamis (14/7/2022). Kegiatan ini bertujuan untuk dapat mengetahui dan memahami instrumen yang terdapat dalam Akreditasi LAMDIK dan sebagai persiapan dalam pengajuan atau pengusulan Program Studi FKIP UNS untuk akreditasi LAMDIK.

Kegaitan ini dihadiri oleh Dekan FKIP UNS, Jajaran Pimpinan Fakultas, Tim Unit Penjaminan Mutu Fakultas, Seluruh ketua Gugus Kendali Mutu (GKM) Program Studi FKIP UNS.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS Dr. Mardiyana,M.Si., dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam peyusunan instrumen akreditasi program studi dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (LAMDIK) berbeda dengan BAN-PT, serta lembaga akreditasi mandiri yang lainnya, untuk itu diharapkan adanya keselarasan antara GKM, Program Studi, dan UPM untuk mencari dan mencermati poin – poin penting dari instrumen LAMDIK. Maka dengan itu perlu untuk dilakukan pertemuan atau saling berkomunikasi secara intensif dalam penyusunan laporan evaluasi dini khusunya mengenai tentang dokumen SPMI, aktivitas – aktivitas, kebijakan – kebijakan dan instrumen yang lainya harus sudah tepat serta sesuai dengan permintaan LAMDIK.

“GKM prodi diwajibkan harus mengetahui dan mengkontrol status batas waktu akreditasi di prodi masing – masing, sehingga dapat mempersiapkan untuk proses re-akreditasi, baik BAN-PT, LAMDIK, maupun akreditasi Internasional, karena dalam proses pengajuan kembali akreditasi khususnya untuk LAMDIK ada batas waktu 6 bulan sebelum status batas waktu akreditasi habis,” imbuh Dr. Mardiyana.

FKIP UNS tahun ini, ada 6 prodi diusulkan akreditasi LAMDIK yaitu Program Studi S1 Pendidikan Adminitrasi Perkantoran, Program Studi S1 Pendidikan Matematika, Program Studi S1 Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi, Program Studi S2 Pendidikan Matematika, dan Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra.

“Dengan ini Prof.Dr. Joko Nurkamto, M.Pd., beliau ikut dalam penyususnan instrumen dari LAMDIK dan sekaligus sebagai narasumber pada kegaitan ini, merupakan pilihan sangat tepat sehingga dapat memberikan ilmunya dan sharing terkait pengusulan dan penyusunan Akreditasi LAMDIK dimana dapat memberikan poin-poin penting dalam instrumen dan kelengkapan – kelengkapan dokumen yang harus disiapkan”. Tutur Dr. Mardiyana.

Selanjutnya pada kesempatan Penutup Dr. Mardiyana, M.Si., selaku Dekan FKIP UNS resmi membuka acara Bedah Instrumen Akreditasi LAMDIK.

“Sekali lagi kami ucapkan teriimakasih kepada Prof. Joko Nurkamto, M.Pd., yang telah hadir dan menjadi narasumber, dan kami ucapkakan terimaksih kepada UPM selaku panitia, GKM Program Studi FKIP UNS, serta semua peserta yang hadir pada kegiatan ini, sesuai dengan permintaan panitia acara Bedah Instrumen Akreditasi LAMDIK secara resmi kami buka”. Imbuh Dr. Mardiyana

Selanjutnya acara bedah Intrumen Akreditasi LAMDIK dipimpin langsung oleh narasumber Prof.Joko Nurkamto, M.Pd., dan dipandu moderator oleh Dr. Suharno, M.Si., selaku ketua Unit Penjaminan Mutu (UPM) FKIP UNS.

Humas fkip