FKIP – Unit Kegiatan Mahsiswa Sentra Kegiatan Islam (SKI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Kajian Umum 2 secara luring di Aula kampus VI PGSD FKIP Kebumen pada Sabtu (26/11/2022).

Kajian dibuka dengan sambutan oleh perwakilan dosen PGSD Kebumen, yakni Drs. Joharman, M.Pd. Kajian ini mengusung tema “Mencetak Generasi Milenial Cerdas dengan Meneladani Akhlak Rasulullah SAW”. Ustaz Mukhamad Ma’muri, M.Pd., hadir sebagai narasumber pada kajian ini.

Dalam pemaparannya, Ustaz Mukhamad menjelaskan bahwa mendidik generasi milenial memiliki tantangan tersendiri dan berbeda dari masa sebelumnya.

“Saya generasi milenial dan saat ini saya mengajar di SMK. Ketika teman-teman menjadi guru maka tantangannya akan lebih kompleks. Cepat respon ciri akal Rasulullah, pertama amanah. Kedua fatonah. Tiga, rendah hati,” katanya.

Ustaz Mukhamad juga menyarankan kepada peserta kajian untuk membiasakan bersalaman menggunakan tangan kanan diikuti dengan tangan kiri yang memegang pundak atau kepala.

“Kenakalan anak SMA saya zaman dulu di tahun 2009, bisa jadi dilakukan anak SMP sekarang. Kemudian, kenakalan anak SMP zaman dulu, bisa jadi dilakukan oleh anak SD zaman sekarang,” katanya.

Ustaz Mukhamad menekankan bahwa Nabi Muhammad merupakan manusia lintas generasi, lintas alam, dan selalu menjadi nomor 1 di dunia maupun di akhirat.

“Guru itu digugu dan ditiru. Kemajuan bangsa Indonesia bergantung pada gurunya. Kita akan mengajar maka kita harus belajar karena nanti apa yang diajarkan akan ada pertanggungjawabannya,” pungkasnya.

Kajian diakhiri dengan sesi tanya jawab sebanyak 1 termin dengan 3 penanya.

HUMAS FKIP

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa