FKIP – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi (Himapaksi) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Webinar Accounting Education Achievers (Active) 2022 dengan mengusung tema “Finding Opportunity for Your Skill to Become a Better Future”. Webinar ini digelar secara daring pada Sabtu (26/11/2022) secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Kegiatan ini memiliki 4 tujuan. Keempat tujuan tersebut adalah meningkatkan potensi mahasiswa FKIP UNS dalam bidang akademik, memberikan bekal kemampuan dalam berargumen atau menyampaikan pendapat melalui forum debat, memberikan bekal kemampuan menuangkan gagasan dalam karya tulis melalui forum esai, serta mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam membuat proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Sesuai tujuan tersebut, webinar dibagi menjadi 3 kelas, yaitu Kelas PKM, Esai, dan Debat.

Dalam sambutannya, Kus Indrani Listyoningrum selaku Ketua Umum Himapaksi FKIP UNS mengutarakan harapan atas pelaksanaan kegiatan ini. Ia berharap kegiatan ini memberikan pengetahuan dan pemahaman dalam 3 bidang yang didiskusikan, yaitu PKM, esai, dan debat.

“Active 2022 merupakan wadah bagi mahasiswa, khususnya di FKIP UNS untuk berfikir secara kritis terhadap perkembangan isu permasalahan di Indonesia dengan menuangkan gagasan mereka dalam 3 bentuk, yaitu PKM, esai, dan debat. Kami berharap para peserta akan mendapatkan bekal pengetahuan dalam 3 bidang tersebut. Kami juga berharap para peserta dapat mengimplementasikan pengetahuan yang didapatkan dalam berbagai kompetisi,” harap Kus.

Usai sesi sambutan, peserta dibagi menjadi 3 kelas sesuai minatnya, yaitu PKM, esai, dan debat. Masing-masing kelas menghadirkan 1 pembicara. Pembicara kelas PKM adalah Hasna Azzahra. Ia merupakan peraih pendanaan PKM Riset Eksakta 2021 dan PKM Pengabdian Masyarakat 2022. Ia menjelaskan materi mulai dari gambaran umum PKM, manfaat mengikuti PKM, 8 bidang PKM pendanaan, langkah mengikuti PKM, tips lolos pendanaan, tips lolos pimnas, hingga struktur kepenulisan PKM. Dalam pemaparannya, Hasna menyebutkan ada 5 manfaat mengikuti PKM.

“Mengapa harus ikut PKM? Ada 5 alasannya, yaitu PKM merupakan kegiatan bergengsi yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Kemudian, kalian bisa mendapat pendanaan untuk melakukan projek. PKM juga merupakan kegiatan MBKM yang dapat direkognisi. Jika lolos PIMNAS maka bisa disetarakan dengan bebas sidang skripsi, tapi ini kembali ke kebijakan prodi masing-masing. Terakhir, kalian akan mendapatkan pengalaman baru,” sebut Hasna.

Pembicara kelas esai adalah Helda Dwi Hariyani. Ia merupakan peraih Juara 1 Lomba Scientific Essay World Patient Safety Day. Ia memaparkan materi dengan tajuk “Essay is Easy”. Dalam pemaparannya ia menjelaskan mengenai gambaran umum esai, ragam esai, perbedaan esai dengan karya tulis ilmiah (KTI), struktur esai, hingga tips dan trik menulis esai. Menurutnya, ada 8 tips dan trik dalam menulis esai.

“Bagaimana tips dan trik menulis esai? Nah, ini ada 8 tips dan triknya, yaitu baca referensi atau karya orang, circle mendukung, ikuti buku panduan atau guide book, hindari plagiarisme, konsultasikan, ikutkan lomba, persiapkan diri untuk presentasi, serta berdoa,” papar Helda.

Adapun, pembicara kelas debat adalah Akhmad Mukhibun. Ia merupakan peraih Juara 3 Debat Bahasa Antarmahasiswa Se-Indonesia Kemdikbudristek 2021. Ia mengusung materi bertajuk “Berprestasi dalam Debat Bahasa Indonesia”. Dalam materi tersebut, ia memaparkan 4 poin utama. Keempat poin tersebut adalah gambaran debat bahasa Indonesia, prestasi debat bahasa Indonesia, langkah-langkah kompetisi debat, dan strategi sukses debat bahasa Indonesia. Ia menjelaskan bahwa ada 6 langkah-langkah kompetisi debat.

“Apa saja yang perlu dilakukan untuk ikut kompetisi debat? Ada 6 langkah yang bisa kalian lakukan, yaitu bentuk tim yang solid, semangat, dan siap belajar. Kemudian, cari informasi. Gunakan tagar #lombadebat, #debatnasional, #debatmahasiswa, dan sebagainya. Lalu, siapkan tim yang sudah terbentuk melalui sparing debat. Lakukan simulasi debat bersama juri terakreditasi atau praktisi debat. Ingat! Lomba debat adalah lomba tim. Pastikan argumen yang disampaikan ‘solid’ dengan argumen tim. Terakhir, saling membantu antarpembicara,” jelas Akhmad.

HUMAS FKIP

Reporter: Rosantika Utami
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#unsbisa