FKIP – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meraih Juara 1 Olimpiade Ekonomi Islam Nasional KaSEIVENT 5.0 di Universitas Riau.

Adapun mahasiswa yang berhasil meraih juara tersebut adalah Nasim Hamid (FKIP), Novita Anggun Pratiwi (FEB), dan Risyad (FT).
Kegiatan ini dilaksanakan secara luring pada 19 – 11 November 2022.

Saat diwawancara oleh fkip.uns.ac.id, pada Rabu (18/1/2023), Novita menjelaskan bahwa perlombaan ini terdiri atas babak penyisihan, semifinal, dan final.

“Pada babak penyisihan, setiap tim mengerjakan 300 soal. Tim yang mendapat nilai tertinggi akan lolos ke tahap semifinal yang dilaksanakan secara luring di Riau dengan metode cerdas cermat. Dari semifinal tersebut dipilih tujuh besar untuk melanjutkan ke babak final. Pada tahap final, para peserta diberikan studi kasus, kami mendapat kasus tentang investasi syariah,” jelasnya.

Novita dan timnya mengaku sangat bersyukur atas capaian yang mereka peroleh dalam kompetisi tersebut.

“Kami benar-benar bersyukur kepada Allah Swt karena telah memberikan amanah juara di pundak kami. Kami tidak menyangka bisa sampai di titik ini. Meskipun kami dari tiga jurusan yang berbeda, hal itu tidak membatasi diri untuk mempelajari hal lain karena sebagai seorang muslim dituntut untuk memperluas wawasan dan tidak hanya pada spesifikasi ilmu saja,” tuturnya.

Mahasiswa semester tiga tersebut juga senang karena di sana bertemu teman-teman baru dari berbagai daerah. Ia juga mengucapkan apresiasi kepada orang tua, teman-teman, dan Rumah Kepemimpinan yang senantiasa mendukung dalam kompetisi tersebut.

“Semoga dengan keberhasilan ini bisa menginspirasi mahasiswa lain untuk berkembang dan bergerak melampaui batas. Sebuah perubahan itu dimulai dari diri kita, siapapun bisa berprestasi dan semua butuh proses. Jika belajar adalah sebuah ibadah, maka berprestasi adalah jalan dakwah. Masa sarjana adalah masa terakhir kita untuk menghabiskan jatuh gagal. Dengan mengikuti kompetisi dapat membuat mental juara terbentuk di dalam diri kita, yakin aja dulu,” pungkas Novita.

Reporter: Akhmad Mukhibun
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#unsbisa