FKIP – Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali mengukir prestasi di tingkat nasional. Mereka adalah Dea Muthia Febry dan Karisma Rahmawati dari Prodi Pendidikan Fisika. Mereka tergabung dalam sebuah tim bersama Zamia Atha Putri dari Prodi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian berhasil meraih Juara 1 Lomba Karya Tulis ilmiah Nasional yang diselenggarakan oleh Kelompok Peneliti Muda (KPM) Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Dea mengatakan bahwa ide yang diusung dalam lomba karya tulis tersebut berkaitan dengan inovasi pendidikan. Lebih lanjut, Dea dan timnya menyampaikan bahwa penelitian terhadap perkembangan teknologi dalam pendidikan tidaklah mudah. Hal ini karena pengujian harus dilakukan dengan mengimplementasikan pada suatu kelas atau kelompok belajar, baik skala besar maupun skala kecil.

“Serta diperlukan pula tahapan validasi. Pada tahapan awal penelitian, observasi perlu dilakukan untuk mendapatkan analisis kebutuhan dari para siswa. Setelah solusi ditemukan, solusi sebagai inovasi pendidikan tersebut perlu didiskusikan dengan ahli materi dan ahli media dan dilakukan revisi hingga sesuai dengan kebutuhan maupun validasi dari ahli. Namun kami sangat senang dan bersyukur karena kerja keras kami terbayar dengan berhasil membawa pulang predikat juara 1,” papar Dea sebagaimana dikutip dari laman uns.ac.id.

Sementara itu, Dea menambahkan, tips untuk menaklukan dalam lomba karya tulis ilmiah adalah dengan menghadirkan inovasi tidak hanya sebagai produk jadi. Tetapi juga telah teruji, sehingga pada saat presentasi penyampaian gagasan dan alur penelitian dapat tersampaikan secara detail kepada dewan juri.

“Sebagai generasi muda penerus bangsa kita perlu berkontribusi terhadap pengembangan pendidikan di Indonesia dengan menghadirkan inovasi. Dengan demikian, kami berharap ke depannya pendidikan di Indonesia mampu menghadapi tantangan Era Megatrend Global,” lanjutnya.

Terakhir, Dea dan tim berpesan untuk mencari passion dan berkontribusi sesuai passion yang dimiliki. 

“Misalnya saja, karena saya berasal dari program studi pendidikan dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia pembelajaran, disitulah nantinya ruang saya untuk berkontribusi. Yakni dengan senantiasa melakukan penelitian dan memberikan ide untuk pendidikan di Indonesia,” pungkasnya. 

HUMAS FKIP

Reporter: Rosantika Utami
Editor: Budi Suseno

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#unsbisa