FKIP – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS), Faizatul Irbah, berhasil meraih juara 2 pada lomba Cipta Geguritan. Perlombaan tersebut diadakan oleh HMP Wibawa dalam acara webinar “Parab Kawi #5”.

Dalam lomba cipta geguritan yang bertemakan “Gegardaning Basa Hamunjung Luhuring Kasustraan Jawa (Peran Bahasa Menjunjung Keluhuran Kesastraan Jawa)” ini, Faizatul mengikutsertakan hasil karyanya yang berjudul “Paningaling Latar”. Meskipun dikerjakan dalam waktu yang singkat, Faizatul tidak menyangka bahwa karyanya dapat meraih juara 2 kategori mahasiswa.

“Saya cukup tertantang ketika mengikuti kompetisi ini dikarenakan waktu yang singkat antara penerimaan informasi dengan pelaksanaan lomba. Namun, itu tidak membuat saya pesimis dan tetap berusaha semaksimal mungkin. Saya juga antusias mengikuti kompetisi ini karena pemilihan tema dan subtema yang unik dan jarang digunakan dalam perlombaan,” ujar Faizatul Irbah.

Geguritan yang diikutsertakan oleh Faizatul dalam lomba tersebut dipercaya mampu menyampaikan deskripsi dan pesan dalam menjadikan harmonisasi dan perdamaian dengan sanak saudara. Selain itu, geguritan karya Faizatul tersebut sesuai dengan subtema geguritan, yakni “Rumakete Paseduluran” yang memiliki arti eratnya persaudaraan.

Ketika diwawancari oleh Tim Jurnalis fkip.uns.ac.id, Faizatul menyampaikan bahwa seluruh mahasiswa harus mampu memanfaatkan setiap kesempatan. Setiap mahasiswa juga harus mencoba kesempatan untuk dapat berkompetisi. Menurutnya, berkompetisi di dunia mahasiswa merupakan persiapan untuk bersaing di penitian karier selanjutnya.

“Saya berharap bahwa dengan berkompetisi, nantinya prestasi ini dapat menjadi titian awal menuju prestasi berikutnya, baik di bidang yang sama maupun di kompetisi lainnya. Semoga nantinya juga bisa mendapatkan hasil yang jauh lebih baik,” harap Faizatul.

HUMAS FKIP

Reporter: Nila Prihartanti
Editor: Budi Suseno

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#unsbisa