Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Sebelas Maret adalah institusi yang sering diminta menjadi nara sumber oleh sekolah-sekolah di daerah solo raya, untuk memberikan sosialisasi dan pelatihan terkait penelitian, utamanya masalah penelitian tindakan kelas atau Action Research. Pelatihan tentang penelitian tindakan kelas dan cara pelaporannya sudah seringkali dilaksanakan, untuk meningkatkan pemahaman guru terkait hal terebut.

Berdasarkan observasi dan analisa dilapangan bahwa guru Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran khususnya di Wilayah Kabupaten Wonogiri pada awal tahun 2020, ternyata masih banyak guru yang belum memahami secara detail mengenai Teknik Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan hasil laporan yang dihasilkannya. Dengan adanya permasalah tersebut, maka diperlukan adanya pelatihan lebih lanjut terkait Teknik Penulisan PTK  kepada guru MGMP Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di Wilayah Kabupaten Wonogiri. Hal tersebut diperlukan untuk menambah motivasi dan meningkatkan kompetensi guru yang tergabung dalam MGMP Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di Kabupaten Wonogiri tentang pemahaman dan keterampilan melaksanakan serta membuat laporan Penelitian Tindakan Kelas.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka pada tanggal 21 – 28 bulan Agustus tahun 2020, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS dengan diketuai oleh Dra. Patni Ninghardjanti, M.Pd. menyelenggarakan pelatihan selama 34 Jam Pembelajaran. Pada tanggal 21 Agustus 2020 dilakukan secara luring yang bertempat di Aula SMK Negeri 1 Wonogiri, Sedangkan pada tanggal 22-28 Agustus 2020 dilakukan secara daring untuk meminimalisir penyebaran virus covid 19. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk guru-guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) di Kapubaten Wonogiri yang diikuti oleh 20 guru.

Kesimpulan yang didapat dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah: (1) Pada Pelatihan tersebut dapat memberi pemahaman mengenai pentingnya hasil luaran atau jurnal bagi guru dalam meningkatkan kompetensinya (2) Luaran hasil penelitian atau jurnal harus diawali dengan  melakukan penelitian (3) Penelitian yang digunakan dalam menyusun sebuah jurnal pada Guru adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) (4) Teknik penulisan PTK ini dilakukan guna mengevaluasi dan meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh Guru, sehingga kompetensi dan hasil yang diharapkan dari Guru dan Peserta Didik dapat mendapatkan hasil maksimal. (5) Tanggapan Guru dengan adanya kegiatan Pelatihan PTK ini adalah sangat membantu guru dalam menulis dan memotivasi Guru untuk selalu melakukan sebuah penelitian guna menghasilkan luaran jurnal yang dapat di publikasikan.