Sebanyak seratus alumni berprestasi Universitas Sebelas Maret (UNS) menerima penghargaan rektor yang diserahkan pada hari minggu malam tanggal 10 Maret 2013 di lobi Kantor Pusat UNS,

Selain penyerahan penghargaan, dalam acara penghargaan tersebut juga diluncurkan buku berisi seratus alumni berprestasi UNS yang menjadi bagian dalam upaya untuk membangun pilar kebersamaan dan mengapresiasi keberadaan para alumninya.

Terdapat empat kriteria yang ditetapkan untuk menentukan seratus nominasi alumni yang dinilai berprestasi. yakni kepemimpinan, kepeloporan, kepopuleran, dan moralitas integritas, Didalam penyerahan penghargaan ini, dibagi kedalam setiap fakultas yakni fakultas hukum, fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, fakultas ekonomi, fakultas sastra dan seni rupa, fakultas teknik, fakultas kedokteran, fakultas pertanian, fakultas mipa, serta fakultas keguruan dan ilmu pendidikan.

Latar belakang dilaksanakannya pemberian penghargaan ini adalah sudah waktunya pimpinan universitas memandang untuk menghargai jerih payah alumni, yang telah berusaha melakukan aktualisasi diri untuk mengabdikan dirinya kepada masyarakat.