Prof. Dr. Rer.nat. Sajidan, M.Si, selaku Pembantu Dekan 1 FKIP UNS membuka kuliah perdana Program Pengakuan Pengalaman Kerja dan Hasil Belajar (PPKHB)dengan Program  Studi Pendidikan Seni Rupa di Gedung A FKIP UNS pada tanggal 17 juni 2013 .

Acara ini diikuti oleh 30 mahasiswa yang kesemuanya sudah menjadi guru atau mengajar di beberapa sekolah.Mahasiswa yang mengikuti PPKHB ialah guru-guru yang telah lama mengajar, tetapi belum berjenjang Sarjana. Dengan diterapkannya UU guru dan Dosen, maka setiap guru yang mengajar di sekolah harus memiliki jenjang studi terakhir minimal sebagai sarjana. Peserta yang hadir dalam kuliah ini berasal berbagai wilayah yang ada dilingkungan Solo Raya.

Dengan adanya kegiatan kuliah ini, maka diharapkan lulusan yang mengikuti PPKHB dapat memiliki karakter serta pandai dalam mengajar. FKIP UNS selaku lembaga LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan) dituntut  memfasilitasi percepatan peningkatan kualifikasi akademik guru dalam jabatan, sehingga dengan adanya kegiatan ini guru mampu meningkatkan pengetahuan dengan berbasis ICT.

Dalam kuliah kali ini, disampaikan informasi dari perwakilan program studi pendidikan seni rupa FKIP UNS  yang berkaitan dengan pelaksanaan program kerja PPKHB tahun 2013.