Kuliah Kerja Lapangan II (KKL II) merupakan salah satu mata kuliah semester VI pada Program Studi Pendidikan Geografi. Di dalam ilmu geografi, upaya untuk mempelajari geografi fisik maupun geografi sosial secara utuh tidak hanya diperoleh dari teori (indoor study) saja melainkan juga dapat diperoleh melalui praktek atau pengamatan secara langsung terhadap lingkungan alam dan segala objek kajian geografi (outdoor study).

Geografi mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya pada suatu ruang dan waktu. Dengan demikian, materi geografi bersumber dari keadaan nyata di muka bumi baik gejala fisik maupun sosial. Banyak konsep atau teori di dalam pendidikan geografi yang tidak dapat dipahami dengan jelas oleh mahasiswa tanpa melihat langsung di lapangan. Kuliah kerja lapangan merupakan kebutuhan yang tidak dapat ditinggalkan dalam studi geografi. Subyek kajian program kuliah kerja lapangan berhubungan dengan identifikasi, analisa, interpretasi distribusi keruangan dari fenomena dan asosiasi wilayah yang terjadi di permukaan bumi. Dengan demikian, lapangan merupakan salah satu laboratorium tempat mengenal, mengkaji, mengidentifikasi dan mengaplikasikan segala ilmu pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang berhubungan dengan disiplin geografi.

Dalam rangka pengenalan dan pengamatan Daerah Aliran Sungai (DAS) secara langsung, sebagai bahan peningkatan improvisasi diri, maka perlu adanya kegiatan agar mahasiswa dapat mencapai tujuan tersebut dengan mengadakan penelitian lapangan yang berupa kegiatan Kuliah Kerja Lapangan II dengan mengambil lokasi di Kecamatan Poncol, Kecamatan Parang, Kecamatan Ngariboyo, dan Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Penelitian ini dilakukan di DAS Balekambang Kabupaten Magetan yang mencakup sebagian Kecamatan Ngariboyo, dan sebagian Kecamatan Parang. Secara geografis DAS Balekambang  terletak pada koordinat UTM antara 53000- 538750 mT dan antara  9148750 – 9146250 mU.

Melalui KKL II ini mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi diharapkan dapat melakukan pengamatan secara langsung terhadap objek kajian geografi dengan cara terjun ke lapangan dan mengaplikasikan teori-teori yang diperoleh selama di perkuliahan, serta dapat meningkatkan pengetahuan fisik maupun sosial yang berkaitan dengan pengamatan dan pengukuran. Jika pada semester IV lalu kegiatan KKL I hanya melakukan pengamatan, maka pada kegiatan KKL II ini kegiatan yang dilakukan lebih spesifik yaitu melakukan pengamatan dan pengukuran di lapangan secara nyata.

Kegiatan KKL II ini diketuai oleh Saudara Arief Yulie Kristawan yaitu salah satu mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Geografi. Kegiatan KKL II diikuti oleh mahasiswa semester VI tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 64 orang. Kegiatan ini berlangsung selama lima hari yaitu dari hari Minggu hingga Kamis pada tanggal 26-30 Mei 2013. Kegiatan yang dilaksanakan dalam KKL II ini meliputi pengamatan dan pengukuran langsung terhadap objek kajian geografi di DAS Balekambang baik berupa kondisi fisik maupun kondisi sosial masyarakatnya.

Pada hari pertama sesampainya dilokasi penelitian, seluruh peserta KKL II disambut oleh perangkat desa setempat dan sebagian warganya. Setelah acara sambutan maka peserta KKL II mempersiapkan diri untuk kegiatan hari kedua dilapangan.

New Picture

Gambar 1.  Sambutan Kepala Desa Pendem

Pada hari kedua seluruh peserta kegiatan KKL II mengikuti kegiatan lapangan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan. Sebagian peserta melakukan pengukuran fisik di lapangan dan sebagian peserta lainnya melakukan wawancara terhadap warga sekitar untuk mendapatkan informasi kajian sosial dan kependudukannya.

New Picture (1)Gambar 2. Wawancara dengan Petani

Peserta yang melakukan pengukuran fisik mengambil sampel di setiap satuan lahan yang ditentukan.

New Picture (2)

Gambar 3. Penjelasan Dosen di Lapangan

     Pada malam harinya seluruh peserta mengadakan diskusi untuk mendiskusikan hasil penelitian yang dilakukan siang harinya dan melakukan tabulasi data.

New Picture (3)

Gambar 4. Tabulasi Data di Malam Hari

     Pada hari terakhir kegiatan, peserta memberikan kenang-kenangan kepada masyarakat Desa Pendem, Kecamatan Ngariboyo yang diwakili oleh ketua KKL II.

New Picture (4)

Gambar 5. Penyerahan Kenang-Kenangan

New Picture (5)

Gambar 6. Foto Bersama