UNS.semar.tv- Rektor Universitas Sebelas Maret Surakarta Prof.Dr. Ravik Karsidi,MS menerima penganugerahan penghargaan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono atas komitmen dan pengabdian dalam pengembangan koperasi dan UMKM (Usaha Mikro Kecil menengah) di Indonesia (13/07/2013) yang bertepatan dengan pelaksanaan Hari Koperasi Nasional ke – 66 yang berlangsung di Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Prof. Dr. Ravik Karsidi,MS menjadi satu-satunya Rektor PTN/PTS yang menerima penghargaan dalam acara tersebut. Untuk menindak lanjuti penghargaan Satya Lencana Pembangunan yang diterima, Rektor UNS mengadakan jumpa pers di ruang sidang rektorat, senin (15/07/2013)

Dalam penyampaiannya, Rektor UNS menjelaskan mengenai penghargaan yang diperoleh merupakan hasil kerja keras seluruh element yang ada di UNS serta pengalamanya yang pernah menjabat Ketua Lembaga Pengabdian Masyarakat yang membentuk Bussines Development Services pada tahun 2001.  Bussines Development Services merupakan gagasan dari Badan Pengembangan Sumberdaya Koperasi dan Pengusaha Kecil Menengah sebelum melebur ke Menegkop RI, bersama Dr. Noer Sutrisno (Deputi Pengembangan Suberdaya Koperasi dan UMKM Kemenekop RI saat itu) dan Dr. Canella dari Filipina (Konsultan World Bank) melakukan pematangan konsep Layanan Pengembangan Bisnis yang berkembang menjadi Bussines Development Services (BDS).()