Pada tanggal 28-29 Desember 2013, Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta melaksanakan kegiatan rutin kepengurusan Himpunan Mahasiswa Program Studi, yang dinamakan Implementasi Ilmu Peta dan Kompas (IMPAS) ke-VI. Pada rangkaian kegiatan selama 2 hari tersebut, dilakukan diklat kepada angkatan baru (mahasiswa angkatan 2013) untuk menambah wawasan mengenai ilmu medan dan ilmu navigasi.

Pada hari pertama, peserta dibekali dengan pengetahuan dan teori mengenai peta dan alat navigasi (kompas bidik, abney level, dan GPS), lokasi relatif dan absolut, penempatan diri pada peta, melakukan plotting lokasi, melacak lokasi, melakukan pengukuran lereng, dan mengenali arah mata angin di setiap waktu. Pada hari pertama ini, kegiatan awal dilakukan di dalam ruangan aula gedung A FKIP UNS lantai 2, diawali dengan pembekalan materi oleh :

  1. Gentur Adi Tjahjono, S.Si. (Dosen Prodi Geografi FKIP UNS)
  2. Erwin Santosa, S.Pd. (Guru  Geografi di Sekolah Menengah Pertama Internasional Surabaya)
  3. Abu Rizal Afiat (Mahasiswa Prodi Geografi FKIP UNS angkatan 2010)

Pada hari kedua, peserta melakukan orienteering di kawasan Tawangmangu, tepatnya di sebelah utara Lawu Resort. Peserta dilepas dan didampingi oleh pendamping kelompok, berbekal peta wilayah orienteering, mereka melakukan tracking lokasi. Lokasi yang dimaksud adalah pos-pos diklat yang melakukan pengujian kepada kelompok-kelompok peserta. Dari kegiatan ini peserta diajari untuk bekerja sama sebagai kelompok, mengakrabkan diri dengan kakak tingkatnya, dan utamanya mendapat pembelajaran mengenai ilmu medan dan alat navigasi.

Selengkapnya dapat dilihat di Galery  Kegiatan Himago FKIP UNS