RG Manajemen dan Inovasi Pembelajaran Fisika FKIP UNS adakan Pengabdian kepada Masyarakat tentang Pembelajaran Deep Learning pada Guru IPA SMP se Kabupaten Pacitan

FKIP UNS — Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) melalui Research Group Manajemen dan Inovasi Pembelajaran Fisika (MIPF) menggelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang bertajuk “Penyusunan Perangkat Pembelajaran Deep Learning bagi Guru IPA SMP Kabupaten Pacitan”. Kegiatan ini berlangsung di Auditorium Museum SBY-Ani, Pacitan, dan diikuti oleh para guru IPA SMP yang tergabung dalam MGMP IPA Kabupaten Pacitan pada tanggal (28/05/2025).

Kegiatan ini dipimpin oleh Prof. Dr. Sarwanto, S.Pd., M.Si., dengan dukungan tim dosen dari Prodi Pendidikan Fisika FKIP UNS, antara lain Prof. Dr. Widha Sunarno, Prof. Sukarmin, Ph.D., dan sejumlah dosen lainnya. Program ini merupakan bagian dari skema Hibah Grup Riset UNS tahun 2025 yang fokus pada pengembangan manusia dan daya saing bangsa.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan yang diwakili oleh Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Rino Budi Santoso, S.Sos). Fokus kegiatan ini adalah peningkatan kompetensi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran berbasis deep learning. Pendampingan dilakukan secara interaktif, dengan melibatkan sesi materi oleh Prof. Dr. Sarwanto, S.Pd., M.Si., dan Prof. Sukarmin, M.Si., Ph.D. dilanjutkan praktik penyusunan perangkat ajar, serta evaluasi sebelum dan sesudah kegiatan.

Ketua MGMP IPA Kabupaten Pacitan (Rubi Talayi Rahman, S.Si.) menyambut baik program ini, mengingat masih terbatasnya pelatihan dan sumber daya pendukung bagi guru dalam mengintegrasikan pembelajaran mendalam ke dalam proses belajar mengajar, khususnya untuk mata pelajaran IPA di tingkat SMP.

Selain penguatan kapasitas guru, kegiatan ini juga mendorong integrasi kearifan lokal dan etnosains dalam pembelajaran. Kabupaten Pacitan yang kaya akan budaya dan potensi alam, dinilai sangat potensial untuk dikembangkan sebagai konteks lokal dalam pembelajaran IPA berbasis deep learning.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model replikasi di daerah lain, sejalan dengan komitmen UNS dalam mendukung program Deep Learning dan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya pada aspek kualitas pendidikan (SDG 4).