FKIP UNS — Program Studi S2 Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) menyelenggarakan Webinar Series 2 dengan tema Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran Geografi secara daring melalui platform Zoom Meeting pada Kamis (10/7/2025). Acara ini menghadirkan dua narasumber utama, yaitu Dr. Purwanto, S.Pd., M.Si., selaku dosen dari Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang dan M. Rifky Abu Zamroh, S.Pd., M.Pd., selaku guru geografi SMAS NU 5 Brangsong Kendal.
Dalam sambutannya Dr. Rita Noviani, S.Si., M.Sc., selaku Kepala Program Studi S2 Pendidikan Geografi FKIP UNS menyampaikan pentingnya penguasaan teknologi digital, khususnya AI, dalam mendukung pembelajaran geografi abad ke- 21 dan Webinar ini merupakan bagian dari komitmen Program Studi S2 untuk mengintegrasikan teknologi mutakhir ke dalam kurikulum dan praktik pembelajaran.
Dr. Purwanto, S.Pd., M.Si selaku narasumber pertama memaparkan materi terkait dengan perkembangan teknologi AI yang membawa perubahan besar dalam paradigm pembelajaran geografi. Perubahan tersebut berupa pendekatan dari pasif menjadi aktif agar siswa dapat menjadi creator pengetahuan melalui dukung AI. Mahasiswa dan siswa dapat memanfaatkan AI untuk mengolah data spasial, membaca peta tematik, hingga menginterpretasikan citra satelit. Beliau juga mendorong dosen serta mahasiswa untuk mengembangkan riset tindakan kelas, eksperimen, dan pengembangan media pembelajaran berbasis AI.
Dalam pemaparannya, Bapak M. Rifky selakuk narasumber kedua memperkenalkan implementasi AI dalam pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning), seperti analisis Indeks Desa Membangun (IDM) dan Indeks Kebahagiaan sebagai indikator pembangunan wilayah. Siswa diarahkan untuk memanfaatkan AI sebagai asisten dalam menyusun kuesioner, menganalisis data spasial, serta membuat presentasi visual menggunakan Canva dan Google Slides. Beliau juga menegaskan bahwa peran guru tetap menjadi pusat kontrol dalam pembelajaran, sementara AI bertindak sebagai pendamping untuk mempercepat dan memperkaya proses pembelajaran.
Bertindak sebagai moderator oleh Dr. Pipit Wijayanti, S.Si., M.Sc., yang juga selaku Kepala Program Studi S1 Pendidikan Geografi FKIP UNS memberikan penutup dengan menambahkan dan menekankan pentingnya refleksi kritis terhadap penggunaan teknologi, agar AI tidak sekadar menjadi tren, melainkan sebagai alat pedagogis yang kontekstual dan sesuai kebutuhan siswa.