Jakarta: Sebanyak delapan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Indonesia masuk ke data peringkat 200 Universitas top di Asia versi 4 International Colleges and Universities (4ICU) Uni Rank, sebuah lembaga yang menggunakan mesin pencari dan direktor untuk menilai kepopuleran situs perguruan tinggi di dunia.

4ICU menilai kepopuleran situs yang dimiliki oleh 11.307 perguruan tinggi di seluruh dunia yang telah terakreditasi dan tersebar dalam 200 negara. Komponen penilaian yang digunakan 4ICU adalah Google Page Rank, Alexa Traffic Rank, dan Majestic SEO (Referring Domain, Citation Flow, Citation Trust). Pembaruan hasil pemeringkatan dirilis 4ICU setiap bulan Januari dan Juli.

4ICU Uni Rank 2018 menerbitkan Peringkat Universitas Asia dari 200 lembaga pendidikan tinggi terkemuka di Asia dan dunia yang memenuhi kriteria seleksi lembaga tersebut. Kriteria itu di antaranya, perguruan tinggi adalah universitas berlisensi atau terakreditasi oleh lembaga atau badan akreditasi nasional yang diakui oleh pemerintah di masing-masing negara.

Perguruan tinggi tersebut juga menawarkan setidaknya gelar sarjana dan gelar pascasarjana (gelar master atau doktor) dalam format pendidikan tradisional, tatap muka, dan non-jarak jauh.
4ICU Uni Rank menyediakan pemeringkatan non-akademis dari universitas ternama di Asia berdasarkan metrik web yang valid, dan tidak bias.

Berikut adalah delapan Perguruan Tinggi di Indonesia yang masuk ke dalam daftar 200 Perguruan Tinggi Top di Asia, seperti dilansir dari laman resmi 4ICU :

  1. Universitas Gajah Mada di posisi 43
  2. Universitas Indonesia di posisi 107
  3. Universitas Sebelas Maret di posisi 120
  4. Universitas Diponegoro di posisi 171
  5. Institut Pertanian Bogor di posisi 175
  6. Universitas Brawijaya di posisi 181
  7. Universitas Airlangga di posisi 184
  8. Universitas Negeri Yogyakarta di posisi 190 (www.medcom.id)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *