FKIP – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Kelompok 136 telah menjalankan kegiatan KKN di Kampung Sabrang Lor, Mojosongo, Jebres, Surakarta pada 3-31 Agustus 2021.

Seperti yang diketahui, pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung ini telah membuat masyarakat selalu waspada dalam berbagai aktivitas. Disisi lain, pihak pemerintah selama ini telah melakukan berbagai strategi dan upaya untuk menekan penyebaran virus corona, salah satunya memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai virus corona.

Demi mendukung strategi dan upaya pemerintah untuk menekan penyebaran virus corona, mahasiswa KKN UNS Kelompok 136 mengangkat program utama kampanye protokol kesehatan (prokes) 5M melalui karya seni lukis atau gambar (mural) pada dinding warga yang belum dimanfaatkan. Gerakan prokes 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilitas dan interaksi. Program ini bertujuan untuk senantiasa mengingatkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan ketika beraktivitas di luar rumah.

Warga menyambut baik program ini, salah satunya ialah Ibu Supiah. “Muralnya sudah bagus, pesannya yang ada di mural juga tersampaikan ke warga Sabrang Lor. Mungkin untuk ke depannya bisa diberikan di banyak lokasi, tidak hanya di satu lokasi saja” ucapnya.

Mahasiswa KKN UNS Kelompok 136 yang beranggotakan Prayudha Aji, Akhmad Shofi, Alana Arrum, Alfi Maharani, Alfian Bayu, Eggi Rangga, Farish Dandy, Fatkhia Rizka, Fazri Pristichandini, dan Naufal Ramaghani ini juga mengangkat program kerja Warung Hidup yang merupakan edukasi berupa pengadaan bibit sayuran beserta media tanam guna menggalakan swasembada pada masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Selain itu, telah terlaksana juga program kerja penunjang seperti Edukasi Cara Pembuangan Masker Sekali Pakai, Pemasangan Sign System, Sosialisasi Daur Ulang Lampion Kemerdekaan, Psikoedukasi: Coping Stres Selama Masa Pandemi, Penanaman 5M kepada Anak TPA Kampung Sabrang Lor melalui Kegiatan Mendongeng, Pemetaan Risiko Covid-19, dan Pendampingan Belajar Siswa selama Pandemi.

“Saya berharap program kerja yang telah terlaksana ini dapat dikembangkan dan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Kampung Sabrang Lor,” ucap Prayudha selaku Koordinator KKN.

Reporter: Muhammad Muzaqqi
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa