FKIP UNS – Senin (13/9/2021) Program Studi S2 Pendidikan Sains Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan Audit Mutu Internal (AMI).

Agenda AMI Program Studi S2 Pendidikan Sains FKIP UNS dihadiri oleh Kepala Program Studi S2 Pendidikan Sains Dr. Sarwanto, S.Pd, M.Si, jajaran Dosen S2 Pendidikan Sains dan tenaga administrasi bersama dengan auditor Dr. Muhammad Sabandi, S.E., M.Si dan Dr. Leny Noviani, S.Pd.,M.Si.

Dalam sambutannya, Kepala Program Studi S2 Pendidikan Sains FKIP UNS Dr. Sarwanto, S.Pd, M.Si menyampaikan pengantar mengenai kondisi S2 Pendidikan Sains FKIP UNS. Keberadaannya memiliki dosen sebanyak 11 orang dan diantaranya 6 orang dosen yang ada di Home Base Program Studi.
Meskipun demikian, sesungguhnya secara riil S2 Pendidikan Sains memiliki 22 orang dosen.

Dalam kesempatan tersebut, disampaikan pula mengenai proses pembelajaran program studi S2 Pendidikan Sains yang pada awalnya terdiri atas 4 minat, yakni Fisika, Kimia, Biologi dan IPA (Sains). Menurutnya, hal ini merupakan tantangan untuk meningkatkan peminatan mahasiswa S2 Pendidikan Sains. Kini program studi S2 Pendidikan Sains membuka 2 kali pendaftaran setiap tahunnya,” terang Dr. Sarwanto, S.Pd, M.Si.

Acara dilanjutkan dengan agenda Audit Mutu Internal (AMI) Program Studi S2 Pendidikan Sains. Acara tersebut dipimpin langsung oleh auditor Dr. Muhammad Sabandi, S.E., M.Si dan Dr. Leny Noviani, S.Pd.,M.Si. Pada kesempatan tersebut, pihak auditor AMI, lebih menekankan bahwa sesungguhnya substansi dari audit itu sendiri adalah memeriksa kelengkapan suatu dokumen. Dalam AMI S2 Pendidikan Sains, dokumen yang dilihat adalah instrumen monitoring internal tingkat program studi, instrumen tambahan monitoring internal tingkat program studi/UPPS/Universitas di masa pandemi Covid-19 dan instrumen monitoring internal tingkat program studi mengenai penelitian dan pengabdian masyarakat.

Acara AMI S2 Pendidikan Sains tersebut dapat berjalan lancar dan sukses dengan saling membangun interaktif antara auditor dan auditee (istilah yang di audit). Kedua belah pihak saling klarifikasi dan saling bertukar pengalaman terkait dokumen yang ada pada program studi S2 Pendidikan Sains. Hingga akhir acara, auditor dan auditee saling sepakat untuk menindaklanjuti hasil AMI S2 Pendidikan Sains FKIP UNS.

Reporter: Akhmad Mukhibun
Editor : Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa