FKIP – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kelompok 137 membantu upaya pencegahan virus Covid-19 dengan memberikan edukasi pembuatan sabun cuci tangan kepada warga Kelurahan Jagalan. Edukasi tersebut merupakan wujud respon mahasiswa dalam menyikapi kasus covid-19 yang sempat melonjak di Kelurahan Jagalan.

Kelompok 137 yang dibimbing oleh Prof. Dr. Pujiyono, S.H., M.H. beranggotakan Ridwan Dwiki Nugroho, Shinta Nur Afifah, Yasser Ashidiqi, Andhar Andrianto, Zharfa Hafizhotul Qonita, Anggie Sri Lestari, Fajar Yanawira Puspita, Happy Rindu Romantika, Dzikri Ghufranillah, dan Putri Kurniasari. Ridwan Dwiki Nugroho selaku ketua menyampaikan harapan dan tujuan adanya edukasi pembuatan sabun cuci tangan.

“Kami berinisiatif memberikan edukasi pembuatan sabun cuci tangan. Harapannya, warga yang hadir bisa membagi dan menerapkan ilmu yang didapat sehingga mampu menyediakan sabun cuci tangan di setiap rumah,” kata Dwiki.

Happy selaku penanggung jawab program ini menjelaskan bahwa alat dan bahan yang digunakan ini mudah ditemukan. Pembuatannya hanya menggunakan texapon, NaCl, akuades, gliserin, jeruk nipis, pewangi, dan pewarna.

“Alat dan bahan untuk membuat sabun cuci tangan ini mudah ditemukan. Kita butuh tujuh bahan, yaitu texapon, NaCl, akuades, gliserin, jeruk nipis, pewangi, dan pewarna,” terang Happy.

Selanjutnya, Happy menjelaskan mengenai prosedur pembuatan sabun cuci tangan yang sederhana. Ia mengatakan bahwa untuk membuat sabun cuci tangan tersebut hanya perlu mencampurkan semua bahan yang telah tersedia satu-persatu.

“Cara pembuatannya sederhana. Cukup campurkan semua bahan ke dalam satu wadah, kemudian aduk semua bahan sampai tercampur rata. Setelah tercampur rata, sabun cuci tangan perlu didiamkan selama tiga hari terlebih dahulu sebelum bisa digunakan,” jelas Happy.

Setelah tiga hari didiamkan, sabun cuci tangan siap digunakan. Tim KKN UNS 137 membagikan produk tersebut kepada masyarakat dan tempat-tempat umum yang membutuhkan.

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa