FKIP – Program Studi (Prodi) Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mendatangkan Profesor luar negeri dalam rangka Visiting Professor dengan tema “STEM Integration in School”. Kegiatan secara online melalui platform Zoom Meeting ini dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 15 dan 19 November 2021. Adapun Profesor tersebut adalah Assoc. Prof. Dr. Linda Hobbs seorang pengajar dan ahli STEM Teaching & Learning dari School of Education, Deakin University, Australia.

Kegiatan hari pertama dihadiri oleh lebih dari 100 partisipan yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Pendidikan IPA FKIP UNS. Acara dimulai dengan sambutan dari Kaprodi Pendidikan IPA FKIP UNS, Dr. paed. Nurma Yunita Indriyanti, M.Si., M.Sc. dilanjutkan sambutan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, Dan Kemahasiswaan FKIP UNS, Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si. sekaligus membuka acara secara simbolis.

Dalam pemaparannya Dr. Hobbs memberikan materi mengenai STEM in Australia, Why STEM?, Framing STEM (what is it?), Approaches to STEM in schools, STEM teaching and learning, Doing STEM, dan What have we learned so far about how to implement STEM well?. Selanjutnya Dr. Hobbs juga memberikan aktivitas kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan STEM secara berkelompok yaitu mendesain sebuah teknologi yang terinspirasi dari alam.

Kemudian pada hari kedua, Dr. Hobbs melanjutkan pemaparan materinya mengenai STEM in Indonesia – how does it compare to Australia?, Planning for STEM learning and assessment, Looking for construction of new practices and beliefs, Key pillars for successful and sustainable, STEM programs in schools, dan Final messages about making STEM education work. Setelah pemaparan dilanjut dengan sesi tanya jawab. Terdapat beberapa dosen dan mahasiswa yang tertarik berdiskusi dengan Dr. Hobbs guna mempelajari mengenai STEM serta penerapannya di sekolah. Acara yang dimoderatori oleh Bayu Antrakusuma ini berjalan kondusif hingga kegiatan selesai.

Kegiatan dalam rangka Visiting Professor ini diharapkan dapat memberikan penguatan pengetahuan mengenai STEM kepada mahasiswa dan dosen Prodi Pendidikan IPA FKIP UNS. “Semoga dengan adanya kegiatan ini membuat mahasiswa sebagai calon guru siap untuk menerapkan STEM di sekolahnya,” pungkas moderator.

Reporter: Muhammad Muzaqqi
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa