HUMAS FKIP – Komunitas Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin (Kompresi) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Webinar dan Talk Show secara daring melalui Zoom Meeting pada Minggu (31/7/2022).

Seminar dan talk show ini merupakan puncak dari serangkaian kegiatan MEF (Mechanical Education Festival). Tema yang diusung pada kegiatan ini yakni “For Sustainable Development: Future Trends ini Renewable Energy and Enabling Technologies”.

Webinar dibuka dengan sambutan oleh Dr. Yuyun Estriyanto, S.T., M.T., selaku Kepala Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNS.

“Acara ini diorientasikan untuk meningkatkan generasi muda mengenai pentingnya renewable dan sustainable energy untuk melangsungkan hidup jangka panjang,” tutur Dr. Yuyun dalam sambutannya.

Opening speaker pada webinar ini adalah Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA., MBA., selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia.

“Saat ini kita sedang memasuki tahap pemulihan Covid-19 di mana momentum ini dapat kita optimalkan untuk pengembangan pariwisata Indonesia menjadi lebih tangguh dan berkelanjutan, termasuk penggunaan energi yang terbarukan sehingga dapat terus dirasakan manfaatnya oleh generasi pendatang,” kata Dr. Sandiaga.

Pembicara pertama pada webinar ini yaitu Dr. Eng. Mochamad Syamsiro selaku Ketua Asosiasi Biomassa dan Bioenergi Indonesia (ABBEI). Dalam pemaparannya, Dr. Syamsiro memaparkan materi bertajuk “Future Trends in Renewable Energy and Enabling Technologies”.

“Kalau kita lihat beberapa sumber energi terbarukan itu ada 2, dari matahari dan dari sumber perut bumi. Dari matahari ada beberapa, ada energi surya, angin, air, energi biomassa, intinya ini dari matahari. Lalu kemudian energi panas bumi yang bersumber dari dasar bumi,” jelas Dr. Syamsiro.

Berikutnya Dr. Syamsiro membahas mengenai teknologi konversi EBT meliputi energi panas bumi (geothermal), energi surya (PLTS), energi angina (PLTB), energi air (PLTA & PLTMH), energi biomassa dan sampah.

Dr. Syamsiro juga membahas mengenai konsep waste to energy (WTE), yaitu proses pembangkitan energi berupa listrik atau panas dari pengolahan primer sampah menjadi sumber bahan bakar.

Narasumber kedua yaitu Dr. Bayu Prabowo selaku Sr. Specialist NRE Research PT. Pertamina (Persero). Ia menyampaikan materi dengan tajuk “Renewable Energy Development in PERTAMINA Research and Technologi Innovation”.

“Intinya, renewable energy dan green jobs adalah sistem yang tidak lagi konvensional. Kita butuh sesuatu yang holistik,” kata Dr. Bayu.

Webinar diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa